Pojok Jogja

Jelang Ramadhan, Stok Pangan DIY Dijamin Aman

POJOKJOGJA – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memastikan stok ketersediaan pangan menjelang Ramadhan aman.

Ketersediaan beras, telur, daging ayam dan sapi, gula pasir, minhyak goreng akan terus dikontrol menjelang Ramadhan.

Kemendag juga menegaskan bahwa seluruh pedagang beras di pasar tradisional wajib menjual beras medium sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 9.450/kg dan meminta pelaku usaha menyediakan serta menyalurkan beras medium ke pasar rakyat per 13 April 2018.

Jika pedagang tidak siap dengan stok beras medium tersebut, pihaknya akan menyiapkan pasokan melalui mitra dari Badan Urusan Logistik (Bulog).

”Kami menghormati mekanisme proses perdagangan antara pedagang dengan mitranya, tetapi stoknya kami bersedia untuk menyiapkannya. Sebagai contoh stok beras di Kulonprogro yang disampaikan berlebih bisa meng-cover seluruh DIY. Tentu ini menggembirakan bagi kami sehingga stok beras yang ada bisa didistribusikan ke daerah lain yang kurang,” kata Enggar, Jumat Malam, 6 April 2018.

Tak hanya itu, apabila harga beras medium masih di atas HET, Pemerintah Daerah (Pemda) wajib berkoordinasi dengan Bulog setempat agar mengisi pasar tradisional dengan stok beras Bulog.

Hanya saja, Mendag hanya menyediakan beras medium untuk pedagang pasar tradisional saja, terlebih bagi mereka yang membutuhkan.

Sementara itu, untuk daging sapi, pemerintah telah menyiapkan daging sapi beku dengan harga Rp 80.000/kg yang diimpor dari India dan Australia.

(rin)

Baca Juga