Pojok Jogja

Jelang Pernikahan Kahiyang-Bobby, Hotel di Yogyakarta Ikut Raup Untung

POJOKJOGJA – Pernikahan putri Presiden Joko Widodo memberi dampak berarti bagi industri perhotelan. Utamanya untuk wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, termasuk Yogyakarta. 

Terbukti menjelang pesta pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Solo, tak sedikit hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) turut raup untung

Meski pernikahan baru digelar pada Rabu, 8 November 2017 hotel-hotel di Yogyakarta mulai mengalami peningkatan kunjungan atau okupansi sejak Sabtu, 4 November 2017.

Hal itu diungkapkan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Istidjab M. Danunagoro.

“Saat ini tingkat okupansi hotel berbintang di ring I DIY, yakni area Malioboro, sudah mencapai 80 persen,” katanya, Senin, 6 November 2017.

Ia menyatakan, Puncak kunjungan atau tamu yang akan menginap kemungkinan akan terjadi malam ini dan mencapai 100 persen.

Tak hanya untuk wilayang ring I DIY, tingkat keterisian hotel berbintang di ring II DIY yaitu di Jalan Diponegoro juga sudah mencapai 70-80 persen.

“Termasuk hotel berbintang di ring III, yaitu area Kaliurang dan Parangtritis, diperkirakan 80 persen. Sementara, tingkat keterisian di hotel non-bintang diperkirakan meningkat 20 persen dari hari normal,” terang Istidjab.

Ia menyatakan, pihaknya memprediksi sekitar 500 orang bakal memadati hotel-hotel di DIY jelang pernikahan Kahiyang-Bobby di Solo. Diperkirakan para tami akan bermalam di Yogyakarta selama dua malam.

Untuk mengantisipasi kepadatan tamu lanjut Istidjab, PHRI DIY sudah mengimbau pengelola hotel untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi tamu. Termasuk dengan pemberian harga khusus.

Untuk diketahui, jumlah hotel berbintang satu hingga bintang lima di DIY saat ini ada sekitar 160 hotel, sementara hotel non-bintang mencapai 1.100. Sebagian besar hotel berbintang memadati area Kota Yogyakarta dan Sleman.

(dien)

Baca Juga