Pojok Jogja

Jateng-DIY Dapat Jatah 1 Juta Gas Elpiji dari Pertamina

POJOKJOGJA – Sejak Agustus hingga September 2017, wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah mendapat jatah 1 juta tabung gas elpiji 3 kilogram dari PT Pertamina area pemasaran Jateng dan DIY.

Area Manager Communication Relation JBT dan DIY,  Andar Titi Lestari mengatakan, masing-masing periode pihaknya mengeluarkan penambahan pertama sebanyak 1.046.177.

“Sementara untuk periode kedua kamu mengeluarkan sebanyak 15.560 tabung. Jadi secara total ada 1.181.677 tabung untuk fluktuasi dan tambahan kuota kebutuhan di pasaran,” ungkapnya, Minggu, 10 September 2017.

Ia menjelaskan, penambahan kuota tabubg gas itu merupakan salaah satu upayan mengatasi kelangkaan pasokan LPG 3 kilogram. Utamanya menjelang Idul Adha dan pasca Idul Adha.

“Secara otal kebutuhan di Jateng dan DIY mencapai 27.327.771 tabung. Sedangkan tambahan hampir dilakukan di semua kabupaten dan kota,” kata Andar.

Ia menambahkan, ada dua kabupaten yang tidak meminta tambahan kuota yaitu, Kabupaten Wonogiri dan Boyolali.

Andar menjelaskan, PT Pertamina mengalami kesulitan mengontrol kelangkaan tersebut. Pasalnya, PT Pertamina hanya memiliki kebijakan penerapan distribusi gas subsidi sesuai Peraturan Menteri ESDM nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG.

“Jangkauan pemantau itu sering diakui punya kelemahan karena tidak sampai ke tingkat pengecer, termasuk toko modern dan masyarakat di tingkat perumahan yang harganya melebihi HET,” jelas Andar.

Namun lanjutnya lagi, PT Pertamina tetap berkomitmen penuh dalam hal pendistribusian sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan pemeerintah.

Lebih lanjut Andar menjelaskan, PT Pertamina memiliki Sistem Monitoring Penyaluran gas elpiji 3 Kg (SIMOL3K) mulai dari agen resmi hingga ke seluruh pangkalan di bawah agen.

(dien)

Baca Juga