Pojok Jogja

Janji Sultan HB X Usai Dilantik Jadi Gubernur DIY

POJOKJOGJA – Pasca dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan sejumlah tekadnya dalam memimpin Daerah Istimewa Yogyakarta selama periode 2017-2022.

Salah satunya dalam hal sektor kemaritiman. Sultan Hb X mengatakan akan mengambangkan sektor maritim di wilayah DIY.

“Pengembangan sektor maritim ini akan menjadi kekuatan baru bagi masyarakat Yogyakarta,” ungkap Sultan usai pelantikannya di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 10 Oktober 2017.

Ia menjelaskan, pengembangan sektor maritim dan bahari akan menjadi langkah yang tepat, mengingat terbatasnya lahan di DIY untuk budidaya tanaman.

Menurt Sultan pengembangan sektor maritim dan bahari juga didukung dengan posisi pintu Yogyakarta saat ini yang menghadap ke arah Selatan.

“Pintu Yogya yang menghadap itu berarti memprioritaskan Samudra Indonesia, Samudra Hindia bisa menjadi kekuatan baru bagi masayrakat Yogya,” jelasnya.

Lebih lanjut Sultan menjelaskan, pengembangan kekuatan bahari ini dilakukan dengan membangun budaya maritim di masyarakat.

“Pemerintah juga akan memberikan fasilitas maupun sarana seperti pelabuhan serta membantu pengadaan kapal,” terangnya.

Merutunya negara Indonesia disatukan lautan, jadi budaya maritim sudah ada sebagai dasar filosofi atau budaya masyarakat di Jawa.

“Saya kira itu perlu dibangkitkan kembali, bisa menjadi kekuatan baru masyarakat egaliter seperti itu,” sebutnya.

(dien)

Baca Juga