Kesehatan

Ini Penyebab Maag Akut, Penyakit yang Diderita Dr Ryan Thamrin

POJOKJOGJA – Kabar meninggalnya pemandu acara Dr Oz, Ryan Thamrin masih menjadi bincangan. Banyak yang menanyakan penyakit apa sebenarnya yang diderita pemandu Dr Oz Indonesia tersebut. Usut punya usut, ternyata Dr Ryan menderita maag akut. Lalu apakah penyebab maag akut?

Mungkin dari kita banyak yang menyepelekan yang namanya sakit maag. Mungkin kamu juga beranggapan bahwa maag hanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Ya, betul. Namun, bisakah kamu konsisten untuk menjaga pola makan, baik waktu makan dan makanan dengan kandungan gizi yang diperlukan tubuh?

Maag merupakan penyakit gangguan pencernaan yang disebabkan karena terjadinya peradangan pada tukak lambung atau organ lambung. Biasanya, peradangan ini karena luka yang menimbulkan rasa perih pada ulu hati.

Gangguan maag dibedakan menjadi dua, yaitu maag akut dan maag kronis. Keduanya memiliki penyebab dan gejala yang sama. Hanya saja, waktu gejala munculnya penyakit tersebut berbeda.

Gejala maag kronis timbul secara menahun sedangkan maag akut memiliki gejala yang mendadak dan terjadi hanya sementara waktu.

Secara umum penyebab maag akut dan maag kronis diantaranya;

1. Produksi zat asam yang berlebih pada organ lambung.
2. Konsumsi bahaya alkhohol.
3. Mengonsumsi makanan yang asam maupun bahaya makanan pedas.
4. Pola makan yang tidak teratur.
5. Disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan seperti anemia pernisiosa, refluks empedu kronis.
6. Penggunaan beberapa jenis obat-obatan seperti anti-Inflamantory Drug (NSAID).
7. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri helicobakter pylori , yaitu sutatu bakteri yang hanya terdapat pada organ lambung yang cara kerjanya adalah dengan mengganggu fungsi usus dua belas jari.
8. Kondisi psikologis seseorang seperti stress fisik atau frustasi
9. Degenerasi lapisan perut terutama bagi orang-orang yang lansia.

Adapun gejala yang ditimbulkan maag akut diantaranya;

1. Timbul rasa nyeri pada ulu hati

Ulu hati terletak pada perut atas bagian tengah. Rasa nyeri pada organ ini biasanya akan disertai dengan nyeri pada dada, yang menyebabkan sesak nafas, lalu sakit yang menjalar ke bahu dan lengan, disertai dengan muntah.

2. Sering merasa mual dan ingin muntah

Rasa mual biasanya disertai dengan berkeringat dan meningkatnya produksi air liur, serta terjadinya kontraksi secara ritmis pada otot-otot perut.

3. Hilangnya nafsu makan

Seorang penderita maag akan mengalami hilangnya nafsu makan pada saat rasa mual mulai muncul. Hal ini menyebabkan perut kembung, sering bersendawa. Hilangnya nafsu makan akan dapat mengakibatkan penurunan berat badan.

4. Timbulnya luka pada mukosa lambung

Penyebab maag akut disebabkan luka pada organ lambung. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan sekresi zat asam pada lambung oleh beberapa jenis pepsin maupun mukus.

5. Sakit kepala

Penderita maag akut akan mengalami gejala sakit kepala berat yang disertai dengan naiknya suhu tubuh, keluarnya keringat dingin, dan gangguan insomnia.

Nah, itulah yang menjadi penyebab dan gejala maag akut. Adapun maag dikatakan akut, apabila intensitas rasa sakit yang timbul lebih sering ketimbang sakit maag pada umumnya. Penderita maag akut bisa mengalami penurunan berat badan yang drastis.

(rin)

Baca Juga