Nasional

Ini Dia Pelaku Skimming yang Mencuri Saldo ATM

POJOKJOGJA – Belum lama ini, sejumlah nasabah BRI mengaku kehilangan uang atau saldo di kartu ATM mereka. Setelah ditelusuri, ternyata mereka menjadi korban skimming. Lalu siapa pelaku skimming tersebut?

Ternyata pelaku skimming merupakan warga negara asing. Namanya Baltov Kaloyan Vasilev, pria asal Bulgaria. Hal itu diketahui, setelah dicurigai oleh satpam yang tengah berjaga.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta. Nico mengatakan satpam tersebut berjagaa di ATM Center, Jakarta Pusat.

Awalnya, satpam itu curiga setelah melihat kartu ATM yang digunakan Baltov berbeda dengan kartu yang dikeluarkan bank pada umumnya.

Kartu yang digunakan Baltov, hanyalah sebuah kartu polos tanpa gambar dan nama bank.

“Satpam curiga seseorang menggunakan kartu seperti ini. Sedangkan itu berbeda dengan kartu ATM biasa. Berdasarkan penglihatan tersebut dan sebelumnya sudah diinfokan dari Bank Indonesia,” kata Nico, Senin, 19 Maret 2018.

Satpam pun mendekati Baltov. Baltov yang sudah curiga aksinya diketahui itu, langsung melarikan diri. Namun ketiga satpam yang berjaga berhasil menangkap Baltov. Hanya saja, pria asal Bulgaria tersebut telah melemparkan kartu yang digunakannya membobol ATM ke sungai.

Satpam lalu melaporkan Baltov ke pihak yang berwajib. Tak lama berselang, polisi mendatangi lokasi penangkapan, mengamankan Baltov.

Di lokasi, polisi berhasil menemukan kartu skimming dan kartu menginap di sebuah hotel. Polisi lalu mendatangi kamar hotel yang disewa Baltov.

Di hotel, polisi menemukan peralatan yang membantu Baltov menjalankan aksinya di dalam kamar hotel. Barang bukti yang diamankan berupa laptop, encoder, ponsel, dan uang tunai jutaan rupiah.

(rin)

Baca Juga