Teknologi

Ini Balasan Facebook Menjawab Surat Peringatan dari Kemkominfo

POJOKJOGJA – Pihak Facebook telah membalas surat peringatan Kementerian Komunikasi dan Informartika (Kemkominfo). Bahkan, Kemkominfo saat ini telah menerima balasan surat tersebut.

Dalam suratnya, Facebook mencoba menjelaskan beberapa cara yang akan ditempuh Facebook untuk menangani masalah Cambridge Analytica (CA).

Surat balasan Facebook dikirimkan oleh perwakilannya di Irlandia. Facebook Irlandia bertangung jawab untuk keseluruhan koordinasi di semua negara, kecuali AS dan Kanada.

“Menurut keterangan Facebook, aplikasinya (yang berkaitan dengan CA) sudah dihentikan. Sebenarnya yang kami minta itu semua aplikasi semacam itu ditutup, setidaknya untuk pasar Indonesia, tapi yang baru dijawab bahwa yang sudah ditutup adalah CA,” kata Rudiantara, Kamis 12 April 2018.

Lebih lanjut, Kemkominfo mengatakan pihaknya masih kurang puas dengan penjelasan Facebook melalui surat balasannya. Facebook belum memberikan hasil audit kebocoran data pengguna Facebook di Indonesia.

Olehnya itu, pemerintah berharap Facebook segera memberikan hasil audit tersebut.

“Ya ditunggu sajalah (hasil audit), toh dari sisi Permen (Peraturan Menteri) Kemkominfo sudah ada sanksi administratif yang dimulai dari teguran lisan dan saya sudah tegur sendiri sejak tiga pekan lalu. Lalu juga ada dua teguran tertulis, kemudian nanti bisa ada langkah pemutusan pengoperasian sementara,” demikian Rudiantara.

(rin)

Baca Juga