Life Style

Ini 7 Kiat Jitu Agar Tabungan Tetap Aman

POJOKJOGJA – Tidak sedikit orang yang mampu menjaga tabungannya tetap aman. Terlebih bagi orang-orang yang belum mampu mengendalikan gaya hidupnya.

Perilaku hidup boros sering menjadi faktor utama sulitnya menjaga tabungan tetap aman. Menabung di manapun pasti akan terasa sulitnya, baik di celengan pribadi maupun di bank.

Yang paling menyulitkan ketika harus dihadapi dengan tidak stabilnya perekonomian dunia. Mata uang rupiah anjlok dan harga kebutuhan pokok pun meningkat drastis.

Wah…wah.. Betul-betul akan menjadi tantangan bagi kita untuk tetap bisa mengatur keuangan dan menjaga tabungan tetap aman.

Lalu, bagaimana kiat yang tepat untuk menyikapi permasalahan itu. Berikut 7 tips sederhana yang bisa Anda coba terapkan untuk menjaga tabungan tetap aman terkendali.

1.  Hemat pulsa dan kuota nternet

Tidak bisa dipungkiri, dinera digitalisasi ini pulsa dan kuota internet sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Pengeluaran modern ini memang menjadi salah satu penyedot uang masyarakat masa kini. Paketan habis, beli lagi. Butuh internetan, beli kuota lagi.

Targetkan bahwa sebulan Anda tidak menghabiskan lebih dari 1 kali pemakaian. Misalnya pulsa 50 ribu dan internet 100 ribu sebulan, jangan membuatnya jadi dua kali lipat kalau keuangan Anda sedang kritis.

2. Putar uang

Lakukan perputaran uang dengan melakukan tindakan produktif. Misalnya Anda menggunakan uang tersebut untuk usaha kecil-kecilan yang dibutuhkan orang dan menghasilkan dalam jangka waktu singkat.

Misalnya berjualan pulsa, makanan kecil, jasa dan sebagainya. Dengan begini, uang Anda bisa bertambah.

3. Hemat listrik

Ditengah krisis ini, anda sebaiknya lebih menghemat pemakaian listrik. Jika lampu, AC, televisi, kipas angin, radio, dan barang-barang elektronik lainnya sedang terlalu dibutuhkan, lebih baik dimatikan untuk menghemat daya pemakaian listrik bulanan.

4. Kurangi belanja dan jajan

Meskipun anda masih memiliki sedikit uang, namun sebaiknya anda tak menghabiskan untuk jajan atau makan di luar. Sebab, ini akan membuat pengeluaran anda makin membengkak.

Tak hanya itu, anda juga jangan membelanjakan uang anda untuk barang-barang yang tidak terlalu anda butuhkan, meskipun saat ini ada banyak tawaran diskon yang menggiurkan.

5. Lunasi utang

Lunasi hutang anda secepatnya, apalagi hutang dengan menggunakan kartu kredit. Ingat dalam kondisi krisis, bunga hutang akan membunuh anda pelan pelan karena orang yg berhutang akan menjadi budak orang yg menghutanginya.

6. Alokasi tabungan

Alokasikan tabungan anda ke sumber pendapatan yang terdiversifikasi dengan baik, entah itu unit link, deposito, saham, tanah, property, mata uang asing.

7. Cut loss

Anda harus berani untuk ‘Cut Loss’ kalau investasi anda sudah menurun misalnya property atau saham kalau itu didanai dengan hutang bank apalagi kartu kredit.

Keyakinan akan lebih baik, lebih untung, hanya ada ketika ekonomi tumbuh baik. Ini menyebabkan banyak orang berani berhutang untuk spekulasi. Sebaiknya dalam kondisi lampu oranye, konsep itu segea diamputasi.

Itulah 7 kiat yang bisa Anda terapkan untuk menjaga tabungan tetap aman, baik untuk menghadapi perilaku boros maupun saat krisis ekonomi melanda.

(dien/pojoksatu)

Baca Juga