Traveling

Ini 5 Lokasi Wisata Yogyakarta yang Tak Kalah Eksotisnya

POJOKJOGJA – Siapa yang bisa memungkiri bahwa Yogyakarta adalah surga wisata. Jika ada mungkin saja yang bersangkutan belum berkunjung ke Yogyakarta.

Didaulat menjadi kota wisata, begitulah Yogyakarta yang selalu menghadirkan kerinduan untuk kembali bagi siapapun yang telah berkunjung.

Hal itu tidak hanya berlaku bagi wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara. Berbagai jenis destinasi bisa di dapatkan di kota ini, mulai wisata gunung, laut, sejarah, pendidikan, dan tak ketinggalan kuliner.

Tidak sedikit orang yang memilih Yogyakarta masuk dalam daftar kunjungannya saat berlibur. Bagaimana tidak, destinasi wisata di Yogyakarta juga dikenal cukup terjangkau.

Tak perlu mengeluarkan budget yang banyak untuk menikmati eksotisme dan keindahan di setiap sudut wilayah Yogyakarta.

Jika kamu hendak berlibur ke Yogyakarta, baiknya catat dulu ya lokasi wisata yang tak kalah eksotisnya. Apa saja sih lokasi itu. Berikut lima lokasi wisata yang eksotis di Yogyakarta yang telah dirangkum jogja.pojoksatu.id.

1. Kebun Buah Mangunan

Lokasi yang satu ini sedang hitsnya di kalangan wisatawan. Bagaimana tidak, keindahan panorama alam di Kebun Buah Mangunan membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini. dari ketinggian akan terlihat indahnya Sungai Oya.

Jika tak mau penasaran, silakan datang ke Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Letaknya berada sekitar 15 kilometer dari pusat kota Bantul dan sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Di tempat juga telah disediakan penginapan, kolam renang, dan gedung pertemuan.

2. Puncak Kosakora

Destinasi wisata alam yang satu ini juga dikenal paling menakjubkan dan tentunya memberikan kesan yang mendalam juga tak terlupakan. Kosakora merupakan puncak bukit dengan view yang begitu menawan dan indah.

Dari puncak ini, kamu bisa menikmati pemandangan pantai, perbukitan, sunrise maupun sunset langsung dari atas puncak. Untuk memasuki kawasan wisata Puncak Kosakora, hanya perlu menyiapkan dana Rp 2.000 saja tiap orang. Wah, murah bukan? Tentunya sangat terjangkau demi bisa menikmati pesona wisata keindahan alam yang begitu menakjubkan.

3. Punthuk Setumbu

Kemegahan wisata perbukitan ini dijamin akan membuat kamu terpanah. Puthuk Setumbu, terletak di Desa Karangejo, sekitar 4 kilometer berkendara menuju arah barat jika dari arah Candi Borobudur.

Untuk menuju ke puncak bukit, kamu harus melakukan perjalanan dengan mendaki area jalanan setapak selama 30 menit lamanya. Di tempat wisata ini juga tersedia toilet, warung kopi dan gazebo. Adapun tarif memasuki kawasan wisata ini sekitar Rp 15.000 saja untuk menikmati panorama alam yang menakjubkan disana.

4. Gumuk Pasir

Tempat wisata alam yang tak kalah menariknya di Yogyakarta adalah wisata alam Gemuk Pasir. Letaknya di Parangkusumo, Bantul. Penamaan kata Gumuk sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah tumpukan atau gundukan.

Di mana gundukan pasir di Parangkusumo tersebut mempunyai karakteristik seperti halnya gurun pasir yang ada di Meksiko. Jika kamu ingin mengjungi tempat ini, kamu juga bisa berkunjung ke Desa Parangtritis sekitar 30 kilometer atau dengan waktu tempuh 40 menit dari jantung Kota Yogyakarta dengan berkendara.

5. Kalibiru

Panorama alam menakjubkan yang bisa kamu kunjungi di Yogyakarta selanjutnya adalah Kalibiru. Lokasinya tepat berada di bukit Menoreh, Kulonprogo, di sebelah barat Kota Yogyakarta.

Lokasi wisata ini terkenal akan pemandangannya yang bisa kita saksikan dari ketinggian. Kamu bisa menikmati pemandangan dari Waduk Sermo juga melakukan Flying Fox tepat di bagian atas bukit. Selain itu, Kalibiri juga seringkali menjadi pilihan lokasi untuk foto prawedding lo.

(dien)

Baca Juga