Kesehatan

Ibu Ketahuilah, Ini Pentingnya ASI Eksklusif Untuk Bayi

POJOKJOGJA – Air Susu Ibu (ASI) merupakan kebutuhan dasar bayi dan balita. Utamanya bagi bayi berusia 0-6 bulan. Demi mencegah meningkatnya kasus gizi buruk, ASI ekslusif sangat perlu diberikan pada bayi dan balita.

Sejumah penelitian telah dilakukan untuk menunjukkan betapa pentingnya ASI untuk bayi dan balita. Tamsen J. Rochat dari Human Science Research Council, Durban di Afrika Selatan dalam penelitiaannya menjelaskan, menyusui bayi dengan durasi yang panjang atau memberi ASI eksklusif memberikan manfaat besar bagi kesehatan mental anak di beberapa fase pertumbuhannya.

Ia menyebutkan, seorang anak yang diberikan ASI sedari bayi memiliki risiko rendah akan perilaku agresif yang mengganggu lingkungan dan proses belajar yang bisa berdampak buruk pada bidang self-esteem.

Penelitian lain menunjukkan bayi dengan ASI eksklusif risiko dirawat dengan sakit saluran pernapasan tiga kali lebih jarang dibanding bayi dengan asupan susu formula.
Bayi dengan asupan ASI ekslusif 47 persen lebih jarang mencret dibanding bayi penerima asupan susu formula. Jika bayi dan balita diberi susu formula, maka kandungan protein pada susu formula tersebut lebih sulit diterima oleh bayi. Sementara ASI mengandung faktor anti virus dan anti parasit.

Lemak esensial dan enzim pada ASI juga lebih midah dicerna oleh bayi dan balita. Tak hanya itu, ASI juga mengandung vitamin A, C, asam folat dan zat besi yang sangat tinggi. Keuntungan juga bisa dirasakan oleh sang ibu. Karena menyusui itu memberikan keuntungan psikologis dibandingkan minum susu dari botol.

Olehnya itu, para ibu diminta untuk menjaga komitmennya memberikan ASI secara eksklusif pada bayi ataupun balitanya. Tak hanya untuk menyehatkan bayi, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan lain bagi sang ibu.

(dien)

Baca Juga