Belanja

Hore, Transaksi Antar Bank Kini Lebih Murah

POJOKJOGJA – Guna meningkatkan layanan dan memudahkan masyarakat dalm bertransaksi Bank Indonesia (BI) meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). GPN resmi diluncurkan, Senin, 4 Desember 2017.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengungkapkan, keberadaan GPN ini diharapkan mampu mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi melalui kanal pembayaran apa pun.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 tanggal 21 Juni 2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017 tanggal 20 September 2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional.

“Ada tiga sasaran utama dari keberadaan GPN. Pertama, menciptakan ekosistem pembayaran yang saling interkoneksi. Kedua, menciptakan interoperabilitas. Ketiga, agar mampu melaksanakan pemrosesan transaksi yang mencakup otorisasi,” jelas Agus, dikutip JawaPos.com, Senin, 4 Desember 2017.

Ia juga menyatakan melalui GPN, masyarakat bisa bertransaksi dari bank mana pun agar lebih mudah denga. menggunakan instrumen dan kanal pembayaran apapun (any bank, any instrument, any channel).

Agus berharap keberadaan GPN dapat meningkatkan perlindungan konsumen dalam melakukan transaksi melalui kanal apa pun. Sebab, selama ini perlindungan terhadap transaksi yang dilakukan masyarakat dinilai belum baik.

“Perlindungan tersebut terkait dengan pemrosesan yang akan dilakukan dalam negeri, sehingga data nasabah tidak akan pergi keluar lalu kembali,” terangnya.

Untuk diketahui, saat ini Indonesia masih menggunakan sistem pembayaran milik asing seperti Visa, MasterCard, JCB, hingga UnionPay. Dengan keberadaan GPN, maka diharapkan beban administrasi kepada masyarakat bisa ditekan.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, GPN juga dihadirkan sebagai backbone guna memberikan dukungan penuh bagi program pemerintah termasuk penyaluran bantuan sosial nontunai, elektronifikasi jalan tol, dan transportasi publik lainnya.

Kepala Pusat Program Transformasi BI Onny Widjanarko menambahkan, keberadaan GNP diharapkan mampu menekan biaya transaksi yang dilakukan nasabah dalam kanal apa pun.

“Dengan begitu, pasti biaya transfer antarbank akan lebih murah, biaya cek saldo hingga biaya bulanan itu bisa lebih rendah,” ungkapnya.

(dien/jawapos)

Baca Juga