Pojok Jogja

Hore, Toilet Bawah Tanah Yogyakarta Kini Bisa Digunakan

POJOKJOGJA – Toilet umum bawah tanah (underground) Yogyakarta akhirnya mulai dioperasikan. Toilet tersebut telah diresmikan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, Selasa, 9 Januari 2018.

Beberapa waktu lalu, toilet berstandar internasional itu telah digunakan uji coba. Namun karena masih perlunya dilakukan sejumlah pembenahan, toilet itu kembali ditutup hingga akhirnya diresmikan hari ini.

Saat peresmian toilet yang terletak di depan gedung Bank Indonesia (BI) Yogyakarta itu, Sultan menyempatkan untuk melakukan pengecekan sendiri fasilitas yang ada di dalam toilet itu.

“Setelah dicek, kami lihat aliran airnya kurang keras. Air di toiletnya ya bukan air yang ada di wastafel. Untuk yang lainnya sudah cukup,” kata Sultan di sela-sela ia melakukan pengecekan toilet.

Menurtunya, toilet underground itu penting dibangun di kawasan tersebut. Sebab di sekitar lokasi, banyak orang yang membutuhkanya.

Sultan juga melakukan pengecekan fasilitas bagi difabel yaitu lift wheelchair atau lift untuk kursi roda. Fasilitas tersebut memang diperuntukan bagi penyandang disabilitas yang juga akan menggunakan toilet underground itu.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY, M Mansyur mengatakan, sebelumnya toilet bawah tanah itu diujicobakan pada masa libur Tahun Baru.

Namun, karena telah diresmikan oleh gubernur, toilet itu kini bisa digunakan untuk masyarakat umum dan siapa saja yang ingin menggunakannya.

Adapun fasilitas yang ada di toilet bawah tanah tersebut seperti toilet duduk, toilet jongkok, urinoir toilet, toilet khusus difabel, dan ruangan menyusui.

(dien)

Baca Juga