Hukum

Hendak Ditangkap, Pelaku Pencurian Kotak Amal Masjid di Bantul Malah Lukai Warga

POJOKJOGJA, Bantul – Seorang pria di Kecamatan Kasihan, Bantul diamankan Anggota Satuan Sabhara Polresta Yogyakarta. Diduga pria tersebut melakukan aksi pencurian di Masjid Ibrahim Jalan RE Martadinata, Kadipiro.

Salah seorang saksi Wawan mengatakan, pelaku melakukan pencurian kotak amal masjid pada Jumat, 5 Januari 2018.

Aksi pelaku pertama kali diketahui oleh salah seorang petugas kebersihan di Masjid Ibrahim. Namun, pelaku sempat melarikan diri.

Warga setempat berusaha mengejar pelaku yang ternyata membawa senjata tajam di tangannya. Salah seorang saksi lainnya Wawan (35) mengatakan, pelaku melakukan perlawanan dengan sajam.

“Korban pertama Wahyu Widodo (44) warga Dusun Kadipiro yang hendak menangkap pelaku namun di bacok bagian perut,” kata Wawan.

Pelaku meloloskan diri kemudian dihadang oleh korban kedua Arif Budi S (40) yang juga merupakan warga setempat.

Dengan besi di tangannya Arif mencoba mengamankan pelaku. Namun, naas ia juga terkena sabetan di bagian paha dan menjadi korban kedua.

“Setelah itu korban ketiga Sukir, warga Singosaren, Wirobrajan, ia hendak menolong korban Arif tetapi terkena sabetan juga di bagian kaki,” jelas Wawan.

Ketua RT Totok (60) yang pada saat itu juga menyaksikan kejadian menambahkan, pelaku kembali melarikan diri ke arah Hotel Nataputran dan tetap dikejar oleh warga.

Selanjutnya ketiga korban dilarikan ke RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Pelaku akhirnya berhasil diamankan di Polsek Wirobrajan setelah mendapat pertolongan dari anggota Sat Sabhara Polresta Yogyakarta.

(dien)