Pojok Jogja

Heboh, Muncul Lubang Misterius di Gunungkidul Pasca Badai Cempaka

POJOKJOGJA – Pasca diterjang badai cempaka, muncul lubang misterius di Gunungkidul yang menarik perhatian warga.

Lubang misterius pertama muncul di wilayah Dusun Jambu, Banjarejo, Tanjungsari. Lubang kedua muncul di Dusun Trowono. Bahkan lubang tersebut berdampak turunnya debit Telaga Boromo.

Lubang misterius tersebut sempat menggegerkan warga karna lubang tersebut mampu menyedot 2/3 air telaga Boromo. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dusun Trowono, Suryono.

“Itu (kejadiannya) terjadi sejak Rabu 29 November 2017, yang ditandai dengan menyusutnya air telaga secara misterius,” kata Suryono, Sabtu 2 Desember 2017.

Lebih lanjut, Suryono mengatakan, awalnya warga tidak melihat kehadiran lubang tersebut.

“Awalnya tidak ada yang mengira, tapi setelah melihat debit tinggal 1/3 dari bagian telaga baru diketahui ada lubang sepanjang 1,2 meter dengan diameter 50 sentimeter,” katanya.

Anehnya, setelah lubang misterius tersebut tidak tergenang air maka penyusutan air di telaga berhenti.

“Jelas ini fenomena yanga neh bagi kami. Harusnya debit air bertambah karena derasnya hujan akhir-akhir ini, namun nyatanya, debit air tersisa hanya seperempat saja,” Suryono menjelaskan.

Hingga saat ini lubang misterius tersebut masih ada dan warga khawatir keberadaannya akan semakin membesar dan menguras air di telaga.

Bagaimana lubang misterius tersebut muncul?

Awalnya, warga mendengar suara gemuruh yang radiusnya mencapai satu kilometer. Penasaran dengan suara misterius, warga pun mencari sumber suara dan akhirnya diketemukan lubang misterius dengan diameter enam meter.

Bukan hanya lubang misterius, ada beberapa peristiwa yang sempat mencuri perhatian masyarakat setempat. Salah satunya fenomena meluapnya sumber air Ngreneng di Desa Ngeposari, Semanu.

(rin)

Baca Juga