Pojok Jogja

Hebat! Pria Asal Bantul Ini Ciptakan Mesin Cuci Berstandar Nasional

POJOKJOGJA – Ashari, pria asal Bantul yang menciptakan sebuah karya yang bermanfaat. Pria 50 tahun tersebut, membuat sebuah mesin cuci berstandar nasional (NSI).

Semua bermula saat ia membuka jasa las dan reparasi mesin cuci, di Jalan Wonosari Km 8,5, Dusun Padangan, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul. Pria lulusan STM 2 Yogyakarta itu, mempekerjakan sekitar 60 warga lokal untuk membantunya membuat mesin laundry.

Ashari menamai mesin cucinya, Kanaba (Karya Anak Bantul). Tidak mudah baginya untuk memproduksi Kanaba. Berawal tahun 2008, Ashari yang jago di bidang teknik mesin dan rekayasa teknik, mencoba membuat mesin pengering pakaian, pengering padi, dan oven.

Dari karyanya tersebut, seorang kenalannya menantang untuk memproduksi mesin pengering dengan kapasitas besar.

“Diminta membuat berkapasitas 16 kilogram, saya coba, bisa, meski masih ada keluhan, kok pakaian malah jadi kaku,” kata Ashari, Sabtu 7 April 2018.

Dia lalu mengutak-atik ulang, hingga akhirnya mesin pengering yang dia ciptakan mendekati sempurna dari sisi fungsi dan bentuk.

“Perlahan-lahan, pesanan mulai datang, dari kapasitas 16 kilogram, 30 kilogram, sampai 60 kilogram. Bisa custom 100-200 kilogram, dan berbagai alat laundry lain,” lanjut Ashari.

Hingga akhirnya, pada tahun 2016, produk peralatan loundry Kanaba lolos sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Ashari mengklaim Kanaba bisa bersaing dengan produk impor, dari sisi kualitas hingga pemakaian energi listrik.

Setelah berhasil memproduksi Kanaba, Ashari berharap suatu hari nanti, ia bisa mendirikan sekolah wirausaha.

“Saya ingin mendirikan sekolah wirausaha, mendidik anak-anak yang berkeinginan kuat untuk hidup mandiri, lewat lembaga pendidikan nantinya dengan mengedepankan pendidikan agama agar memiliki mental antikorupsi,” demikian Ashari.

(rin)

 

Baca Juga