Dunia

Fantastis! Jumlah Kekayaan Vladimir Putin Sebesar Rp 4.123 Triliun

POJOKJOGJA – Presiden Rusia Vladimir Putin disebutkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Hal tersbeut diketahui setelah Inggris mengumumkan kekayaan Putin setelah negara itu mengusir 23 diplomat Rusia atas dugaan percobaan pembunuhan mantan agen ganda di Inggris.

“Lebih dari US$ 300 miliar atau setara Rp 4123 triliun, telah dicuri dari orang-orang Rusia oleh Putin. Kami harus mengekspos dia apa adanya,” kata ketua komite urusan luar negeri Inggris, Tom Tugendhat dilansir CNN Money, Minggu, 18 Maret 2018.

Jumlah kekayaan tersebut jauh berbeda dengan apa yang disebutkan Putin. Pada 15, Maret 2018 lalu Putin mengumumkan secara resmi nilai kekayaannya menjelang pemilihan presiden Rusia bahwa dia memiliki sebuah apartemen seluas 800 kaki persegi di St. Petersburg, dua mobil era Soviet dan sebuah truk off-road. Dia juga memiliki trailer mobil.

Dalam pengumuman kekayaannya, disebutkan Putin menghasilkan US$ 676.000 atau senilai Rp 9,2 miliar selama enam tahun terakhir dari gajinya sebagai presiden, pensiunan militer dan bunga atas tabungannya. Dia juga mengaku memiliki US$ 243.000 atau Rp 3,3 miliar yang tersebar di 13 rekening bank yang berbeda.

Lawan politik dan penyelidik independen menuduh Putin mengumpulkan kekayaan besar yang disembunyikan melalui anggota keluarganya.

Mereka meyakini Putin telah mengumpulkan kekayaan dengan menggunakan 18 tahun masa jabatannya.

Bill Browder, seorang investor di Rusia yang menjadi kritikus keras terhadap Putin setelah dikeluarkan dari negara tersebut, pernah mengungkap kekayaan Putin di hadapan Senat AS bahwa kekayaan Putin sekitar US$ 200 miliar.

Sebuah laporan pada 2012 oleh para pemimpin oposisi Rusia, termasuk Boris Nemtsov, menuduh bahwa Putin sebagai penerima manfaat tertinggi dari aset yang dimiliki oleh individu-individu kaya di lingkaran dalamnya.

(rin)

Baca Juga