Dunia

Fakta Mengejutkan: Penghuni Amerika Pertama Ternyata Orang Asia

POJOKJOGJA – Ilmuan dari University of Cambridge belum lama ini, mengungkapkan hasil riset yang menyebutkan penghuni Amerika pertama ternyata orang Asia.

Hal tersebut dibuktikan dengan terungkapnya dua fosil bayi yang ditemukan di Alaska. Dua fosil tersebut merupakan bukti kuat tentang migrasi pertama orang Asia Timur ke Amerika Utara. Hal itu diperkuat setelah diketahui bahwa kedua fosil merupakan penduduk tertua di benua tersebut.

“Fosil ini lebih tua dibandingkan semua penduduk asli Amerika lainnya, kata Eske Willerslev, anggota peneliti yang juga sebagai pakar genetika evolusi dari Cambridge, seperti dilansir The Independent, Jumat, 5 Januari 2017.

Willerslev dan timnya melakukan serangkaian uji DNA terhadap kedua fosil yang ditemukan. Lalu, tim membandingkannya dengan genom penduduk Amerika. Walhasil, Alaska ternyata telah memiliki penduduk sejak 25 ribu tahun silam. Dengan begitu, 10 tahun lebih awal dari perkiraan ilmuan selama ini.

Berangkat dari analisa tersebut, tim peneliti menyimpulkan bahwa fosil tersebut merupakan kelompok Beringian kuno.

Ben Potter, antropolog dari University of Alaska Fairbank, yang juga anggota tim mengatakan Suku Beringian kuno dan nenek moyang penduduk Amerika modern berasal dari dua kelompok yang berbeda. Suku Beringian pindah dari daratan Amerika ke Pasifik selatan dan digantikan oleh penduduk Amerika asli modern.

(Rin)

Baca Juga