Pojok Lesehan

Es Goreng Pak Gatot, Jajanan Es Paling Hits di Yogyakarta

POJOKJOGJA – Seolah menjadi ciri khas Yogyakarta, begitulah Es Goreng Pak Gatot menyapa pencinta kuliner di Kota Wisata ini. Jajanan murah meriah dan kini banyak menjadi buruan.

Hal itu, membuat Es Goreng Pak Gatot menjadi salah satu jajanan es paling hits di Yogyakarta. Kenikmatannya tak perlu ditanyakan lagi. Sekali mencicipi, dijamin mau tambah lagi.

Es Goreng Pak Gatot juga termasuk salah satu jajanan legendaris di Yogya. Bagaimana tidak, usaha yang telah dirintis oleh pria paruh baya dengan nama sesuai nama esnya itu dimulai sejak tahun 80-an.

“Awalnya ini hanya es potong biasa sengan beragam rasa, tapi kemudian saya berpikir untuk membuat inovasi,” kata Pak Gatot saat ditemui di lokasi ia rutin berjualan.

Jika ingin merasakan nikmatnya Es Goreng Pak Gatot, kami bisa mengunjunginya di Alun-alun Kidul di setiap sore. Dengan sepeda motor dan gerobak mini di gandengan motornya, Pak Gatot bisa kamu jumpai di sisi barat Alul-alun Kidul.

Tidak akan sulit menemukan es potong gurih berbalur cokelat ini. Suara dari speaker milik Pak Gatot akan dengan mudah mengarahkanmu. Suaranya khas, berbeda dari pedagang es biasanya.

Saat berjualan es, Pak Gatot tak jauh beda dengan penyiar radio andal. Sesekali Pak Gatot menyanyikan lagu tentang Yogyakarta dan mengjakan pengunjung untuk menikmati keramahan Kota Gudeg ini.

“Beginilah cara saya memperkenalkan es goreng saya, dulunya saya hanya berjualan dengan sepeda onthel. Tapi zaman kan berubah,” jelas Pak Gatot.

Es Goreng Pak Gatot dijajakan dengan harga Rp3.000 per potongnya. Namun jika beli dua potong, bisa dapat potongan seharga Rp5.000.

“Yok dibeli cuma Rp3.000 per potong, kalau cantik ta’ kasi Rp5.000 dua potong,” demikian gaya khas Pak Gatot mempromosikan esnya melalui mic yang terhubung langsung pada speaker yang menempel di gerobak mininya.

Ada tiga rasa yang bisa kamu pilih untuk menikmati Es Goreng Pak Gatot, rasa vanila, kacang ijo, dan tape. Kamu bebas pilih sesuai selera. Semuanya akan dibalurkan cokelat leleh di wajan khusus yang menjadi wadah  cokelat tersebut.

Di hari Senin hingga Sabtu Pak Gatot rutin menjual di Alun-alun Kidul. Namun, di hari Minggu Pak Gatot biasanya menjajakan es gorengnya di area Sunday Morning (SunMor) UGM.

(dien)