Pojok Jogja

Empat Ibu Hamil di Sukoharjo Positif AIDS

POJOKJOGJA – Tercatat ada empat ibu hamil di Sukoharjo positif AIDS. Hal tersebut membuat Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo melakukan pemantauan agar penyakit sang ibu tidak menular pada anak.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) DKK Sukoharjo Bejo Raharjo, mengatakan telah melakukan pemeriksaan terhadap 8.000 ibu hamil di Sukoharjo dan hasilnya, pihaknya menemukan empat ibu hamil yang positif HIV AIDS.

Bukan sekali pemeriksaan, melainkan kata Bejo, pemeriksaan terhadap keempat ibu hamil tersebut telah dilakukan secara mendalam.

Setelah dinyatakan positif, keempat ibu hamil tersebut mendapat pemantauan secara intensif. DKK Sukoharjo bahkan memberikan pendampingan untuk megetahui kondisi perkembangan ibu hamil dan kandungannya.

“Pendampingan tersebut dimaksudkan agar penyakit yang diderita ibu hamil tidak menular pada anaknya,” kata Bejo Raharjo, Minggu 17 Desember 2017.

Untuk diketahui, data yang dimiliki DKK Sukoharjo menyebutkan penularan penyakit HIV AIDS dari ibu ke anak cukup tinggi. Ada 11 anak yang menderita HIV AIDS karena tertular ibunya.

Usia penderita HIV AIDS di Sukoharjo juga bervariasi mulai dari 11-20 tahun sebanyak 15 penderita, 20-30 tahun 140 penderita, 30-40 tahun 139 penderita, 40-50 tahun 92 penderita, diatas 50 tahun 50 penderita. Jumlah total penderita HIV AIDS di Sukoharjo sebanyak 447 penderita.

Dari segi pekerjaan, penderita HIV AIDS di Sukoharjo didominasi 123 orang, wirausaha 100 orang, pekerja seks 32 orang, ibu rumah tangga 56 orang, Aparatur Sipil Negara (ASN) sejumlah 14 orang, mahasiswa dan pelajar 27 orang, dan lainnya 95 orang.

(ris)

Baca Juga