Pojok Jogja

Dubes RI untuk Azerbarijan Bahas Kerja Sama Ini dengan Pemda DIY

POJOKJOGJA – Duta Besar RI untuk Baku Azerbaijan Husnan Bey mengunjungi Yogyakarta hari ini, Kamis, 11 Januari 2018. Kunjungannya diterima langsung oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Paku Alam X.

Selain bersilaturahim kedatangan Husnan juga membahas sejumlah kerja sama dengan pihak Pemda DIY.

Salah satunya yang disampaikan Husnan terkait akan diselenggarakannya Indonesian Culture Festival (ICF) di Azerbaijan.

“ICF renacananya akan digelar di Azerbaijan pada September mendatang. Festival ini dalam rangka melakukan promosi potensi ekonomi Indonesia,” kata Husnan.

Selain dari sektor ekonomi, akan dilakukan pula promosi untuk sektor pariwisata, serta sosial budaya Indonesia di Azerbaijan.

Melalui kegiatan terpadu itu kata Husnan, diharapkan Indonesia mampu meningkatkan ekspornya ke Azerbaijan, memperbanyak jumlah wisatawan negara ini yang datang ke Indonesia.

“Selain itu diharapkan  juga untuk memperdalam  saling pemahaman antar kedua negara. Termasuk Yogyakarta untuk keikutsertaanya dalam kegiatan tersebut,” jelas Husnan.

Ia menjelaskan, dipilihnya Yogyakarta untuk menjajaki kerja sama ini karena Yogyakarta merupakan kota budaya yang adiluhung dengan keanekaragamannya dan juga sejarahnya.

Husnan juga menyebut ICF akan menjadi sarana untuk mempromosikan bahwa Indonesia merupakan negara super power yang kaya akan peradaban.

“Hal itu akan diawali dari Yogyakarta. Menurutnya NKRI ini ada karena adanya peran yang besar dimulai dari Yogyakarta,” terang Husnan.

Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X menyambut baik niat Dubes RI untuk Azerbaijan untuk melibatkan Yogyakarta dalam kegiatan tersebut.

“Dengan adanya kegiatan ity merupakan upaya anak bangsa bahwa Indonesia merupakan negara yang penuh dengan budaya, keakrabannya, penuh dengan perdamaian,” kata Paku Alam X.

Ia juga menyebut adanya wacana untuk membuat rumah budaya Jawa seperti yang sekarang dilaksanakan dengan adanya rumah Budaya Shanghai yang berada di Ketandan Yogyakarta.

(dien)

Baca Juga