Pojok Jogja

Dubes Inggris untuk Indonesia Bahas Ini dengan Sri Sultan HB X

POJOKJOGJA – Duta besar Inggris untuk Indonesia berkunjung ke Yogyakarta, Selasa, 7 November 2017. Kunjungan Moazzam Malik diterima langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kunjungan Moazzam ke Yogyakarta yaitu untuk membahasa tentang kerja sama di bidang kebudayaan dan pengetahuan dengan kota pelajar ini.

“Kerjasama dalam hal ini yaitu ini membahas tentang koleksi arsip dan manuskrip yang disimpan di British Library,” ungkao Moazzam di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan.

British Library kata dia, menyimpan 300 buku tentang pengetahuan Jawa dan khususnya 70 buku mengenai Karaton Yogyakarta.

Moazzam mengungkapkan, kerjasama dalam mendigitalkan koleksi arsip dan manuskrip ini rencananya akan dimulai tahun depan.

Ia berharap kerjasama ini bukan hanya untuk mengumumkan buku-buku yang terdapat di British Library, tetapi juga mempromosikan pengetahuan dalam menulis komentar

“Hal itu dilakukan agar dapat membuka wawasan WNI maupun WNA atas pengetahuan dari isi buku-buku tersebut,” tambah Moazzam.

Rencana itu disambut baik oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono. Ia mengapresiasi atas kerjasama yang akan dilakukan.

“Kami tentu akan mendukung rencana kerja sama ini, khususnya dalam pendigitalisasian 70 buku mengenai Karaton Yogyakarta,” ungkap Sultan.

Dalam kunjungannya menemui Sri Sultan Hamengku Buwono X, Duta Besar Inggris Moazzam Malik ditemani Sri Prakash Lohia selaku pimpinan Indorama dan Prof. Peter Carey yang merupakan dosen UI dan sejarawan terkenal dari Oxord University.

(nis)

Baca Juga