Pojok Jogja

Dua Wilayah Ini Jadi Prioritas Pembagian Zakat

POJOKJOGJA – Sebanyak 75 paket sembako dibagikan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional untuk fakir miskin di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pembagian 75 paket tersebut dilakukan di wilayah, Blunyaherjo dan Kecamatan Tegalherjo, akhir pekan lalu. Wilayah tersebut menjadi wilayah prioritas pembagian zakat dari (LAZ).

“Di DIY ada dua wilayah prioritas skami untuk penyaluran zakat yaitu Gunungkidul dan Kulonprogo zakat,” kata Kepala Dinas Pendayagunaan Taufik Nur Hidayat.

Ia mengatakan program tersebut merupakan program Gebyar Jumat Berkah yang merupakan program rutin untuk menyalurkan zakat dari masyarakat untuk masyarakat tidak mampu.

Program itu kata Taufik, diharapkan bisa memberi banyak bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Terlebih penyalurannya dilakukan secara rutin di wilayah DIY.

“Dua wilayah yang diprioritaskan untuk penyaluran zakat itu berdasarkan pada data di mana masih terdapat banyak warga tidak mampu dan membutuhkan bantuan tersebut,” jelasnya.

Meski begitu, pihaknya tetap menargetkan penyaluran zakat secara merata yang bisa menjangkau empat titiik di wilayah DIY setiap bulannya.

Untuk wilayah Blunyahrejo kata dia, ada 75 paket yang dibagikan. Namun, setiap titik penyaluran akan berbeda jumlah paket yang dibagikan.

“Itu semua sudah berdasarkan data dari setiap RT atau RW di wilayah setempat,” kata Taufik.

(nis)

Baca Juga