Kesehatan

Doyan Belanja Kosmetik Online, Perhatikan Hal Ini

POJOKJOGJA – Belanja dengan cara praktis kini menjadi hal yang semakin digemari masyarakat. Pembelian barang yang dibutuhkan melalui pemesanan online misalnya.

Di era teknologi yang juga semakin maju, tentu semakin mudah pula masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Mulai dari makanan, minuman, perabotan rumah tangga, obat-obatan, hingga kosmetik.

Namun, sayangnya kebanyakan dari konsumen yang membeli dengan pemesanan online kerap kali tidak memperhatikan keamanan dan kualitas barang yang hendak dibeli.

Salah satu yang paling marak saat ini, adalah penjualan kosmetik melalui pemesanan online. Tanpa melihat kemanan dan legalitas dari barang yang dipesan, konsumen lebih banyak terpengaruh dengan iming-iming produk murah, juga keunggulan produk yang dipromosikan oleh penyedia barang.

Kasus kosmetik ilegal atau palsu hingga saat ini masih banyak ditemukan dari penjualan berbasis online. Salah satunya untuk penjualan krim pemutih, padahal untuk produk seperti itu, banyak hal yang perlu diperhatikan.

Utamanya, memperhatikan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tanpa adanya izin dari BPOM ata lembaga kesehatan lainnya, tentu sebuah produk yang dijajakan patur diwaspadai. Jangan sampai Anda terkecoh dengan mudahnya.

Jadi, ada baiknya jika saat bertransaksi online, Anda memppertanyakan terlebih dulu legalitas dari produk tersebut. Tidak ada salahnya untuk meminta penyedia barang menyertakan bukti legalitasnya.

Anda juga perlu tahu, apakah kosmetik jenis krim pemutih yang Anda beli sudah memenuhi kualitas bahan yang pas. Berdasarkan data BPOM, krim pemutih palsu biasanya terlihat mengkilap dan tidak tercampur secara merata. Teksturnya pun terasa sedikit lengket.

Selain itu, krim pemutih palsu juga memiliki bau yang menyengat dan akan terasa panas dan perih saat dipakai. Hal itulah yang kadang menyebabkan warna kulit si pemakai akan terlihat memerah jika sudah terpapar sinar matahari.

Kulit dari pengguna krim pemutih ini juga akan terlihat pucat dan tidak alami. Hasilnya akan sangat instan, dan pengguna akan mengalami ketergantungan. Wah, betapa bahayanya dampak dari penggunaan krim pemutih jika Anda salah beli.

Krim pemutih berbahaya tentunya juga akan mengandung bahan-bahan berbahaya. Efeknya juga tak tanggung-tanggung bagi penggunananya. Menggunakan krim palsu biasanya akan mengakibatkan pusing dan kulit rusak.

Tak hanya itu, bagi ibu hamil penggunaan krim palsu dengan bahan berbahaya itu juga akan berpengaruh pada janinnya, yang bisa mengakibatkan bayu lahir catat atau bahkan meningkatkan risiko kanker. Banyak sekali dampak buruk yang diakibatkan dari penggunaan kosmetik palsu.
Jadi, bagi Anda para konsumen sebaiknya teliti dulu sebelum membeli. Utamanya bagi Anda yang gemar berbelanja melalui pemesanan online. Tetap perhatikan keamanan produk yang Anda beli, ya.

(dien)

 

Baca Juga