Pojok Jogja

DIY Butuh 1.700 Orang Isi Jabatan PNS

POJOKJOGJA – Kepala Badan Kepegawaian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Agus Supriyanto menyatakan, saat ini DIY membutuhkan 1.700 orang untuk mengisi jabatan PNS.

“DIY membutuhkan tambahan PNS sebanyak 1.700 orang pada 2018 ini. Pegawai bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur menjadi prioritas,” jelasnya, Jumat 12 Januari 2018.

Agus menyebut, usulan kebutuhan PNS itu disampaikan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Pengajuan penambahan PNS lanjut dia, didasarkan pada data banyaknya kekosongan jabatan di semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) karena pensiun.

“Berdasarkan berbagai kajian, bidang yang mendapatkan prioritas penambahan PNS adalah SKPD dengan tupoksi kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur,” sebutnya.

Namun lanjutnya lagi, pihaknya belum bisa memastikan apakah usulan tersebut akan diterima. Demikian juga jika diterima, kapan pendaftaran dibuka  juga akan diinformasikan kemudian.

Agus menambahkan, untuk mengisi kekosongan, pihaknya memaksimalkan pegawai yang ada. Sejak moratorium penerimaan pegawai diberlakukan pada 2012.

“Yaitu sebanyak 800 pegawai pensiun setiap tahun,” katanya.

Sekretaris Daerah Pemda DI Yogyakarta Gatot Saptiadi menambahkan, pihkanya berharap Kemenpan-RB menyetujui permohonan kebutuhan pegawai.

“Kalau memang ini disetujui, setahu saya prosedur penerimaan akan berbeda. Penerimaan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) kemudian tes tertulis bidang keahlian,” terangnya.

(nis)

Baca Juga