Pojok Lesehan

Daftar Menu Makanan Murah dan Enak di Jogjakarta

POJOKJOGJA – Sajian kuliner yang murah dan enak, seperti itulah gambaran kecil untuk Jogjakarta. Siapa yang tak kenal dengan Kota Gudeg ini, tak sedikit orang yang merencakan untuk menghabiskan waktu liburan di kota ini.

Kuliner yang khas dan pas tentu menjadi salah satu daya tarik, apalagi jika dijajakan dengan murah meriah. Di Jogja tak sulit menemukan sajian menu makanan yang murah dan enak. jogja.pojoksatu.id sudah merangkum nih daftar menu makanan murah dan enak di Kota Wisata ini. Yuk simak artikelnya.

1. Nasi Kucing
Kuliner yang satu ini memang yang paling hits di kalangan para pelancong. Bagaimana tidak, hargana yang sangat melegakan kantong membuatnya menjadi primadona. Mulai dari harga Rp 1000, kamu sudah bisa menikmati nasi kucing dengan berbagai pilihan lauk.

Biasanya, nasi kucing disajikan dengan oseng teri, ada juga pilihan lauk lain yaitu dengan oseng tempe. Kamu bisa memilih sesuai selera kamu tentunya. Nasi kucing aling pas dinikmat dengan es teh atau es jeruk. Tak sulit menemukan sajian kuliner yang satu ini di Jogjakarta. Hampir di setiap angkirngan di Jogja bisa kamu dapatkan.

2. Nasi Pecel
Nah, buat kamu yang senang dengan sayur mayur, nasi pecel bisa jadi pilihan yang pas. Nasi putih yang disajikan dengan sayur pilihan dan disiram bumbu kacang ini juga tak kalah nikmat lho.

Menu makanan ini bisa dengan mudahnya kamu temukan di sepanjang Jalan Malioboro. Biasanya nasi pecel disandingkan dengan lauk seperti, tempe goreng, sate ati rampela, sate telur puyuh, dan beragam lauk lainnya. Harganya mulai Rp 8000 saja, dijamin puas dan kenyang.

3. Soto Ayam
Jogjakarta juga terkenal dengan beragam sajian menu sotonya, salah satu yang paling hits adalah soto ayam. Hangatnya soto ayam, membuatnya lebih nikmat disantap pada pagi hari

Di Jogjakarta ada salah satu warung yang cukup terkenal dan legendarsi dengan soto ayamnya. Soto Ayam Pak Man, konon kataya, ini adalah legenda sarapan pagi untuk kampus Jogja. Terletak di di Jalan Sagan, sekitar 50 meter di sebelah utara Mal Galeria. Satu porsi soto dan segelas teh atau jeruk dihargai cukup dengan Rp 9000 saja.

4. Ayam Geprek
Untuk sajian yang satu ini sangat cocok bagi kamuu yang gemar dengan makanan pedas. Tak jauh berbeda dengan ayam penyet, tapi untuk ayam geprek menggunakan ayam tepung atau yang lebih dikenal dengan ayam krispi. Ciri khas lain dari ayam geprek yaitu level pedasnya. Sebelum digeprek dengan cabai dan bumbu khas lainnya, kamu bisa memilih level pedas sesuai selera kamu.

Beberapa warung biasanya menyajikan ayam geprek dengan tahu dan tempe goreng yang digeprek bersama. Di Jogjakarta adalah satu warung yang menyajikannnya dengan cukup murah. Warung Geprek 23, di Jalan Parangtriti km 5,5, Bantul. Di warung ini ayam geprek bisa dinikmati dengan harga Rp 10.000 plus dengan es teh ukuran jumbo. Warung ini juga menggratiskan menu ayam geprek untuk ibu hamil lho.

5. Sate Klatak
Nama makanan yang satu ini mungkin agak asing di telinga dan cukup sulit disebutkan, ya. Tapi jenis sate yang satu ini, dijamin bisa membuat kamu ketagihan dan ingin tambah lagi. Sate yang terbuat dari daging kambing muda ini sangat mudah ditemukan di Jogjakarta. Utamanya di wilayah Kabupaten Bantul.

Ada satu warung sate klatak yang cukup populer bagi kalangan para pelancong. Sate Klatak Pak Pong, bisa kamu temui di Jalan Imogiri Timur Km 7. Uniknya, Pak Pong ini, tidak menggunakan tusuk sate pada umumnya untuk menusuk potongan daging kambingnya. Di warung ini, jeruji besi sepeda digunakan sebagai tusuk sate kayu yang biasasnya digunakan untuk menusuk sate. Unik bukan? Harga porsinya hanya dengan Rp 12.000 saja, kamu sudah bisa mencicipi nikmatnya sate klatak.

(dien)

Baca Juga