Life Style

Cara Merawat Batik Agar Tidak Mudah Pudar

POJOKJOGJA – Salah satu kain tradisional Indonesia yang mendunia ialah batik. Batik juga menjadi kain yang paling banyak dikoleksi. Namun, yang menjadi kendala ialah cara perawatannya. Belum banyak yang mengetahui cara merawat batik agar warnanya tidak mudah pudar.

Nah, agar baju batik kamu tidak mudah memudar, ada baiknya kamu menyimak tips merawat batik berikut ini.

1. Jangan gunakan Deterjen. Hal fatal yang paling sering terjadi ialah kamu mencuci batik dengan menggunakan deterjen. Padahal bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa mengikis warna batik dan menyebabkan luntur. Sebaiknya gunakan deterjen cair yang memiliki sedikit busa. Caranya mudah, rendam batik ke dalam campuran sabun dan air selama 20 menit lalu kucek perlahan dan bilas.

2. Gunakan air hangat dikala ada noda di baju batik. Caranya, rendam baju dalam air hangat sekama 30 menit setelah itu, cuci baju sesuai tips nomor 1.

3. Cuci terpisah. Hal pertama yang perlu dilakukan ialah memisahkan baju batik dari pakaian lainnya. Kamu harus mencuci batik secara terpisah.

4. Jangan memeras baju batik terlalu kuat karena akan merusak serat baju. Caranya, setelah dibilas, cukup dikibaskan lalu dijemur. Jangan menjemur batik di bawah sinar matahari langsung agar tekstur dan warnanya tidak berubah kusam.

(rin)

Baca Juga