Pendidikan

Cara Komunitas Peradilan Semu Petita Ajak Masyarakat Melihat Peradilan Indonesia

POJOKJOGJA – Berawal dari sebuah keresahan, di mana hukum di Indonesia saat ini seolah menjadi bahan permainan. Tak sedikit kasus hukum di Indonesia justru tak mendapat titik terang.

Dari keresahan itulah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merasa perlu berbagi pengetahuan dengan masyarakat terkait wajah peradilan di Indonesia saat ini.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggelar seminar nasional bertajuk “Membaca Wajah Peradilan di Mata Indonesia Saat Ini”. Seminar yang berlangsung di Auditorium Amplitheater UMY ini digelar oleh Komunitas Peradilan Semu Petita.

“Dalam seminar ini kamu ingin mengajak semua teman-teman baik yang berkecimpung dengan ilmu hukum maupun masyarakat untuk bisa melihat bagaimana wajah peradilan Indonesia saat ini,” ungkap Ketua Panita Pelaksana, Annita Symbolon, Sabtu, 24 Februari 2018.

Ia mengatakan dalam seminar ini dihadirkan sejumlah pemateri yang mumpuni di masing-masing bidangnya. Tak hanya dari profesi yang berlatar belakang hukum, tetapi juga perwkilan jurnalis.

Hadir sebagai pemateri dalam seminar tersebut yaitu Ditreskrim Polda DIY AKBP Beja WTP, Managing Partner pada kantor Advokat Nugros & Rekan Feryan Harto Nugroho, Hakim Pengadilan Negeri Sleman, dan Divisi Komunikasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta Furqon Ulya Himawan.

Annita menambahkan, meski para pemateri berlatar belakang hukum namun masing-masing membawakan materi yang berbeda yang fokus pada bidangnya.

“Kami berharap dari seluruh materi yang diberikan bisa memberikan ilmu pengetahuan baru untuk kita, utamanya bagi para peserta seminar nasional ini.

Sementara itu Furyan Harto Nugroho menyatakan mengapresiasi kegiatan yang digelar Komunitas Peradilan Semu Petita ini. Terlebih seminar ini banyak diikuti anak-anak muda.

“Saya tahu di sini yang mengikuti seminar ini adalah mahasiswa hukum. Saya hanya ingin berpesan, ketika sebagai orang yang terlibat dalam dunia hukum sebaiknya tetap menjaga integritas,” ungkapnya.

(dien)