Kesehatan

Cara Ampuh Atasi Kebiasaan Susah Bangun Tidur

POJOKJOGJA – Punya agenda penting di pagi hari tentu menuntut kita untuk bangun lebih awal. Hal itu seringkali menjadi hal sulit bagi orang-orang yang punya kebiasaan susah bangun tidur.

Tak sedikit orang yang mengalaminya. Sudah menempuh beragam cara tapinmasih saja susah? Nah, di artikel ini bisa jadi jawaban yang tepat buat mengatasi kebiasaan susah bangun tidur.

1. Hindari Begadang

Demi bisa bangun pagi, kurangilah kebiasaan begadang. Sebaiknya kamu mulai tidur pukul 11 malam. Jadi kamu bisa tidur dengan waktu yang cukup. Jadi, kamu pasti akan merasa segar saat bangun esok hari.

2. Jangan Makan Malam Terlalu Kenyang

Perut yang terisi penuh seringkali membuat tidurmu terlalu pulas. Alih-alih tidur berkualitas, makan terlalu banyak menjelang tidur malam bikin tabungan lemak di tubuh makin banyak dan kamu malas bergerak. Nah, agar bisa bangun pagi, pastikan kamu makan malam secukupnya ya.

3. Matikan Lampu Kamar Untuk Tidur Berkualitas

Salah satu kunci bisa bangun pagi adalah tidur yang berkualitas. Salah satu caranya dengan mematikan lampu dan listrik di kamar. Selain membuatmu nyenyak, kondisi kamar yang gelap juga mampu memicu hormon melatonin yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh lho.

4. Rapikan Kasur Sebelum Tidur

Secara tak sadar, sebenarnya semangat bangun pagi juga dipengaruhi oleh kondisi kamar. Coba deh bersihkan kasurmu. Rapikan barang-barang di atasnya. Dengan kondisi rapi dan tertata, kamu bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas, maka bangun pagi untuk berangkat kuliah jadi lebih mudah dan bersemangat.

5. Sediakan Baskom Berisi Air Dingin dan Handuk

Meskipun otak sudah sadar, gak jarang kamu merasa sulit buka mata karena terlalu ngantuk. Untuk menyiasatinya, sediakan baskon berisi air dingin dan handuk kecil di dekat kasur. Saat kamu tersadar, usapkan handuk dingin pada mata. Dijamin, matamu pasti bisa melek dan sadar sepenuhnya.

6. Pasang Alarm dengan Nada Panggilan Telepon

Kamu sudah pakai memasang alarm, tapi masih gak mempan juga? Tenang. Sekarang kamu bisa coba menyiasatinya dengan memasang nada panggilan telepon sebagai nada alarm. Tak dipungkiri, telinga kita memang lebih peka saat ada panggilan. Jadi kamu bisa lebih sigap untuk bangun.

7. Letakkan Alarm Jauh Dari Jangkauan Kasur

Selain dengan nada panggilan, kamu juga menggunakan trik : meletakkan alarm jauh dari jangkauan. Alarm bisa diletakkan di meja belajar atau dekat kaca jendela. Saat alarm berbunyi, kamu akan merasa terpaksa beranjak dari kasur untuk mematikannya. Nah, dengan cara ini, kesadaranmu bisa lebih mudah terkumpul.

8. Sediakan Air putih dan Minumlah Saat Bangun Pagi

Kuliah pagi seringkali terasa berat. Untuk mengatasinya kamu bisa mulai dengan minum air putih saat bangun pagi. Meski terlihat remeh, minum air putih di pagi hari terbukti bikin badan jadi lebih segar. Jadi kamu tak ketinggalan kelas.

(dien)

Baca Juga