Pojok Jogja

Bus Toilet Yogyakarta Tidak Dipakai untuk Umum

POJOKJOGJA – Yogyakarta kini memiliki dua bus toilet, hanya saja bus tersebut hanya bisa digunakan oleh tamu VIP tidak dibuka untuk umum.

Pemerintah Kota Jogjakarta membeli dua unit bus tersebut dengan harga Rp 1,3 miliar. Keduanya, telah dioperasikan saat malam tahun baru di Titik Nol Kilometer dan kawasan Tugu.

“Kedua bus ini rencananya akan dikhususkan untuk tamu-tamu VIP. Jogja ini kan punya banyak tamu negara sehingga saat acara khusus di luar ruangan butuh toilet yang representatif,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Jogja, Agus Tri Haryono, Senin 8 Januari 2018.

Lebih lanjut, Agus mengtakan bahwa saat ini, Jogja memiliki tiga bus toilet. Namun bus kali ini berbeda tarif dengan bus sebelumnya. Sebelumnya, bus toilet ini bertarif. Tarif sewanya dalam perda sekitar 2,1 juta untuk 24 jam dalam kota dan Rp3 juta untuk luar kota selama 24 jam. Sedangkan bus yang baru dioperasikan, masih digratiskan.

Alasannya, Dinas PUPKP masih memproses penentuan tarifnya.

“Selama belum ada aturannya, bus toilet bisa digunakan tanpa biaya,” kata Agus.

Ada pun fasilitas dalam bus toilet di antaranya, terdapat dua toilet di tiap bilik yaitu toilet khusus buang air kecil dan toilet duduk. Bus tersebut juga dilengkapi dengan AC. Di bagian tengah bus terdapat westafel dan pengering tangan.

(Ris)

Baca Juga