Pojok Jogja

Buruan Daftar, Pemda DIY Buka Lowongan Non PNS

POJOKJOGJA – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY membuka lowongan pegawai Nonpegawai Negeri Sipil (PNS) bagi masyarakat, agar bisa berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Gatot Saptadi, Senin 4 Desember 2017.

“Nggak ada pengangkatan PNS, UU 5 (tahun 2014) dan PP 11 (tahun 2017) daerah diperbolehkan untuk mengangkat pegawai yang dikontrak selama setahun,” kata Gatot.

Bagi kamu yang berminat bisa mendaftar online melalui laman http//regnonpns.jogjaprov.go.id. Pendaftaran dibuka pada 4-5 Desember. Untuk lebih lengkapnya, bisa mengakses http//www.bkd.jogjaprov.go.id.

Lowongan ini, hanya ditujukan bagi yang ber-KTP DIY. Ada pun lowongan yang dibutuhkan di antaranya tenaga pendidik sebanyak 64 orang, tenaga teknis 366 orang, tenaga kesehatan 17 orang dan tenaga administratif 108 orang.

Jika lulus, tenaga nonpns ini akan mulai bekerja pada 1 Januari 2018, dengan gaji sesuai Upah Minimum Regional (UMR).

Ada pun alasan mengapa penerimaan nonpns dilakukan ialah untuk mengisi posisi-posisi yang kosong ditinggal pensiun. “Posisinya bukan birokrat melainkan sebagai pihak yang membantu Pemda mengisi kekosongan,” kata Gatot.

Lebih lanjut kata Gatot, mestinya kekosongan tersebut diisi dengan PNS. Hanya saja, untuk perekrutan PNS merupakan kewenangan pusat.

“Tiap tahun ada sekitar 300-400 PNS yang pensiun. Kebanyakan guru,” demikian Gatot.

(ika)