Pojok Jogja

Bupati Bojonegoro Gratiskan Warga Berobat di Puskesmas

POJOKJOGJA, Bojonegoro – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro memprioritaskan kesehatan warganya. Karenanya, pihak pemerintah Kabupaten Bojonegoro memberlakukan pengobatan gratis di Puskesmas untuk semua warganya.

Bupati Bojonegoro Suyoto mengatakan pemkab tidak ingin warganya bangkrut disebabkan sakit.

“Karena itu pemkab mengeluarkan kebijakan puskemas gratis dan menanggung biaya rumah sakit bagi mereka yang tidak mampu,” kata Suyoto dalam sambutannya ketika Salat Idul Adha di Masjid Sidobandung, Kecamatan Balen, Jumat kemarin.

Lebih lanjut kata dia, dengan program kesehatan dan pendidikan gratis, warga yang kurang mampu tidak akan memikirkan biaya perawatan serta pendidikan sekolah.

“Semoga rancangan peraturan daerah (raperda) tentang dana abadi untuk beasiswa dapat segera disahkan oleh DPRD sehingga beasiswa belajar dapat diberikan,” tegas Suyoto.

Ia pun menghimbau kemada semua elemen masyarakat untuk memastikan tidak ada anak Bojonegoro yang tidak sekolah.

“Kita juga fokus berusaha keras mengentaskan rakyat keluar dari kemiskinan,” katanya.

Dia membeberkan bahwa Bojonegoro di tahun 2000 merupakan daerah termiskin di Jawa Timur, di Tahun 2008 masih menduduki urutan ketiga termiskin.

Namun, pada 2017 Bojonegoro keluar dari daftar 10 kabupaten termiskin di Jatim. “Kita dapat bersyukur, namun kita tidak boleh puas, jalan mendaki masih panjang,” demikian Suyoto.

(rin)