Pojok Jogja

BMKG Prediksi Selama Sepekan Hujan Lebat akan Guyur Yogyakarta

POJOKJOGJA – Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat selama satu pekan ke depan, baiknya tetap waspada. Utamanya bagi Anda yang beraktivitas di luar ruangan.

Selama sepekan ke depan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprediksi hujan lebat akan terus mengguyur Yogyakarta.

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiyono mengatakan, wilayah DIY berpotensi dilanda hujan dengan intensitas atau kategori sedang.

Ia mengungkapkan, dalam satu hari, rata-rata tercatat di BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta sebesar 30-40 mm, masuk kategori sedang.

“Kondisi siang, hingga sore hari, berpotensi hujan sedang-lebat sedangkan di bagian selatan Yogyakarta, potensi hujan sore dan malam hari,” jelasnya.

Djoko juga menyebutkan, untuk suhu udara, berkisar 22-32 derajat celcius, kelembaban antara 60-95 persen.

Pada November, jumlah curah hujan bulanan, diprediksi berkisar antara 200-300 mm per bulan.

“Diprediksi, setiap bulan, akan mengalami tren kenaikan curah hujan secara bertahap,” ungkapnya.

Djoko juga menjelaskan, diperkirakan puncak terjadinya hujan akan berlangsung pada Januari- Februari 2018. Dengan curah hujan berkisar 400-550 mm per bulan.

Olehnya itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan bahaya potensi banjir, terutama bagi masyarakat yang tinggal di kawasan sungai.

Ia juga meminta agar masyarakat menghindari aktivitas membuang sampah di sungai, serta rutin membersihkan drainase.

Selain itu masyarakat juga diminta waspada dengan potensi angin kencang. Sebagai langkah antisipasi, pohon yang sudah tua dengan cabang yang rapuh baiknya ditebang.

“Hal tersebut, untuk menghindari agar tidak roboh ketika kena angin. Sedangkan masyarakat yang tinggal di dataran tinggi, senantiasa tingkatkan kewaspadaan pada ancaman tanah longsor,” terang Djoko.

(nis)

Baca Juga