Pojok Jogja

Besok, 1000 Anak di Yogyakarta Ikuti Deklarasi Berlian

POJOKJOGJA – Dalam rangka memerangi kekerasan terhadap anak, Penerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menggelar deklarasi. Sebanyak 1000 anak rencananya akan mengikuti deklarasi Bersama Lindungi Anak atau #Berlian.

Kegaiatan ini akan berlangsung di Plasa Monumen Serangan Umum 1 Maret Museum Benteng Vrederburg Yogyakarta, pada Kamis, 3 Agustus 2017.

Panitia Pelaksana Dwi Djuwati mengatakan, deklarasi ini merupakan gerakan serentak dalam memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada 3 Agustus.

“Acara ini akan diikuti oleh para pelajar sei Yogyakarta dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga SMA,” katanya, Rabu, 2 Agustus 2017.

Secara serentak 1000 anak yang terlibat, akan membuka payung bersamaan. Hal ini sebagai simbol perlindunngan terhadap anak, khususnya perlindungan dari tindak kekerasan.

Rencananya deklarasi ini akan dipimpin oleh Raja Keraton yang juga merupakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Di mana akan dilakukan pula pengukuhan Pengurus Forum Anak Daerah DIY.

“Akan ada pula pemberian penghargaan, dan penyerahan hadir oleh Gubernur,” ungkap Dwi yang juga merupakan anggota Lembaga Study pengembangan Perempuan dan Anak (LSPPA) DIY.

Berbagai rangkaian kegiatan lainnya juga akan mengisi peringatan HAN ini. Beberapa di antaranya seperti, penampilan polisi cilik, pementasan kisah Roro Jonggrang, dan penampilan paduan suara dari Swara Nusantara.

(dien)

Baca Juga