Pojok Lesehan

Berkunjung ke Yogyakarta, Jangan Lewatkan Pasar Malam Sekaten

POJOKJOGJA – Pasar Malam Sekaten sudah menjadi agenda rutin tahunan yang digelar di Yogyakarta. Resmi dibuka hari ini, Jumat 10 November 2017.

Rutin digelar setiap tanggal 5 bulan Maulud atau Rabiul Awal tahun Hijriah. Acara ini dikemas dalam bentuk pasar raya ini yang dinilai bisa menjadi agenda wisata saat berkunjung ke Yogyakarta.

Di 2017 kali ini, sebanyak 486 stand dan 14 anjungan khusus untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang disediakan Pemerintah Kota Yogyakarta

Pengunjung tidak hanya disuguhi dengan beragam produk kuliner, fashion, atau wahana bermain saja. Tetapi di Pasar Malam Sekaten juga ada berbagai sajian pertunjukan budaya. Pertunjukan wayang misalnya.

Selain itu Pasar Malam Sekaten yang akan digelar hingga 30 November 2017 ini akan menyuguhkan Grebeg Maulud sebagai acara luncak.

Tradisi ini merupakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad yang diadakan tiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Islam.

Ditandai pula dengan pembuatan tumpeng atau gunungan yang dihiasi aneka hasil bumi masyarakat setempat. Biasanya, saat itu warga akan berebut untuk mendapatkan berkah dari keraton itu.

Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pasar Malam Sekaten. Tidak hanya sekedar bermain atau belanja saja. Perhelatan ini juga sarat dengan adat dan tradisi dari Kota Gudeg ini.

Meski begitu Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, Pasar Malam Sekaten diharao tidak sekedar menjadi ritual tahunan belaka.

“Kita berharap acara inibbisa memberi efek yang signifikan bagi masyarakat sekitar, baik dari sisi perekonomian, wisata, dan kuliner,” kara Heroe, Kamis 9 November 2017.

Menurutnya Pasar Malam Sekaten perlu didesain sesuai dengan kondisi saat ini agar relavan baik dalam penataan stan maupun isi jualan stan. Namun demikian, tetap tidak menghilangkan sisi budaya dan religinya.

“Pasar Malam Sekaten tidak hanya sekadar kemeriahan, tetapi lebih bergairah dalam memasukan perekonomian masyarakat,” terangnya.

(nis)

Baca Juga