Pojok Jogja

Berkonsep Street Art, Jangan Lewatkan Wayang Jogja Night Carnival

POJOKJOGJA – Warga Yogyakarta maupun para wisatawan akan kembali disuguhkan dengan acara menarik. Kali ini dengan karnaval wayang berkonsep street art.

Bertajuk Wayang Jogja Night Carnival, acara ini merupakan puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-261 Kota Yogyakarta. Acara yang akan berlangsung, Sabtu, 7 Oktober 2017 ini kan digelar di Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Kepala Seksi Objek dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Nurwinursito di Yogyakarta mengatakan, perhelatan kali ini butuh kerja keras dari seluruh pihak terkait.

Menghadirkan tokoh perwayangan yang dikemas dalam konsep street art bukanlah hal mudah. Hal tersebut dilakukan demi sajian yang lebih mudah dinikmati masyarakat.

“Dalam event ini yabg menjadi peserta juga masyarakat dari 14 kecamatan di kota Yogyakarta. Semua berusaha secara maksimal untuk menampilkan yang terbaik,” ungkapnya, Jumat, 6 Oktober 2017.

Ia menyebutkan, acara akan dimulai pukul 18.00 WIB. Nantinya etiap kecamatan akan menampilkan tema dan tokoh wayang yang berbeda-beda pada saat karnaval.

Misalnya saja lanjut Winursito, Kecamatan Umbulharjo akan menampilkan tokoh Nakula Sadewa, Kotagede dengan tokoh Ontoseno, Gondokusuman menampilkan Batara Guru, Gedongtengen menampilkan Wisanggeni dan Ngampilan dengan tokoh Drupadi.

“Kota Yogyakarta kam ada 14 kecamatan, jadi akan ada 14 tokoh wayang yang ditampilkan. Tokoh yang tampil pada karnaval tahun ini berbeda dibanding tokoh wayang yang sudah tampil pada Wayang Jogja Night Carnival tahun sebelumnya,” jelas Winursito.

Masing-masing kelompok peserta lanjutnya lagi memiliki kekuatan tersendiri dalam setiap penampilannya. Bergantung pada properti yang digunakan.

Winursito juga menyebutkan, tidak ada kelompok yang membawa patung wayang, diharapkan dalam karnaval ini untuk lebih fokus pada bentuk pertunjukkan yang akan dibawakan.

“Persiapan dari seluruh kecamatan sudah hampir 100 persen bahkan ada sejumlah kecamatan yang sudah melakukan gladi bersih untuk karnaval akhir pekan ini,” jelasnya.

Beragam penampilan juga akan meramaikan Wayang Jogja Night Carnival ini. Masyarakat juga akan disuguhkan dengan kehadiran kendaraan hias di mana satu kendaraan utama hadir dengan tema Ganesha.

Selanjutnya kendaraan lain akan mengiringu dengan membawa logo HUT ke-261 Kota Yogyakarta. Sementara kendaraan penutup akam hadir denva. tema Dewi Wilutama yang menampilkan kuda terbang.

Winursito berharap selama kendaraan karnaval berlangsung, penonton diharapkan tertib dan melihat karnaval dari tempat yang sudah ditetapkan. Panitia akan memberikan pagar pembatas di area penonton.

“Pihak panitia juga menyiapkan tiga panggung pertunjukan di sepanjang rute karnaval, yaitu di Jalan Diponegoro, di Tugu serta di Jalan Margo Utomo. Di setiap panggung, peserta akan menampilkan aksi mereka sesuai tema wayang yang dibawakan,” terangnya.

(dien)

Baca Juga