Pojok Jogja

Berdayakan UMKM, Pemkab Kulon Progo akan Bangun Kawasan Industri Kreatif

POJOKJOGJA – Kehadiran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masih menjadi salah satu sektor yang mendongkrak perekonomian suatu daerah.

Melihat potensi itu, Pemkab Kulon Progo berencana membangun kawasan industri kreatif untuk para pelaku UMKM di wilayahnya.

Bupati Kulon Progo Hasto mengatakan hal iru juga telah didiskusikan bersama pihak Pemda DIY. Kehadiran kawasan industri itu juga dinilai sebagai salah satu bentuk dukungan dlam pembangunan bandara baru atau New Yogyakarta International Airport (NYIA).

“Nantinya, kawasan industri kreatif ini akan kami pusatkan di satu wilayah. Di mana suda ada pihak ketiga yang bersedia membebaskan lahannya seluas 46 hektar,” kata Hasto usai melakukan diskusi bersama Asisten Sekretaris Daerah Pemda DIY, Senin, 20 Februari 2018.

Rencananya pembangunan kawasan industri kreatif untuk para UMKM itu akan dibangun di Sentolo. Meski luasannya di bawah 50 hektar, namun Sentolo dinilai strategis sebab merupakan jalur menuju bandara.

“Ngarsa Dalem juga merekomendasikan agar adanya pembangunan rest area atau tempat beristirahat bagi para wisatawan yang sedang dalam perjalanan,” jelas Hasto.

Untuk rest area rencananya akan dibangun di dua lokasi, untuk jalur arah NYIA akan dibangun di Sentolo sementara satu lainnya di Suroloyo untuk kawasan Bedah Menoreh.

(dien)

Baca Juga