Life Style

Berburu Tanaman Lucu di Pasar Tanaman Hias Yogyakarta

POJOKJOGJA – Hobi bercocok tanam kini bukan lagi hal tabu. Di zaman dulu, biasanya hanya para orang tua saja yang gemar bercocok tanam. Merawat halaman rumah dengan menanam beragam jenis flora untuk menyejukkan mata.

Namun, kini bercocok tanam pun mulai banyak dilakukan kaum muda. Tanaman hias pun menjadi salah satu buruan untuk sekadar menyalurkan hobi bercocok tanam di rumah. Di Yogyakarta sendiri orang-orang mengenal satu pusat penjualan tanamann hias. Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY).

Sudah sering mendengarnya bukan, tapi sudahkah Anda mengunjunginya? Jika belum, ada baiknya jika Anda meluangkan waktu sejenak untuk berburu tanaman hias dengan beragam jenis di pasar ini. Tak perlu heran mendengar namanya, pasar ini memang dibagi menjadi dua yaitu pusat tanaman hias dan pusat satwa dengan lokasi yang berseberangan jalan.

Pasar yang terletak di Jalan Bantul Km 5, Bantul ini telah menjadi destinasi utama bagi para pecinta tanaman. Tak hanya dari Yogyakarta, tetapi juga para wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata ini. Ribuan jenis tanaman bisa Anda dapatkan di kawasan ini yang dijajakan oleh sekitar 30 toko tanaman.

Atikah Garden misalnya, toko bernomor 14 ini menawarkan ratusan jenis tanaman yang dijamin membuat Anda tergila-gila. Mulai dari bunga mawar, bunga krisan, bunga anggrek, kaktus, hingga bibit buah-buahan.

“Kalau toko kami ini sudah di sini selama tujuh tahun, sejak pasar tanaman hias ini beroperasi,” kata Sutriandini pemilik Atikah Garden ketika dikunjungi jogja.pojoksatu.id, Kamis, 10 Agustus 2017.

Andini demikian ia akrab disapa juga menyebutkan, tak sedikit masyarakat yang sering membeli tanaman hias di tokonya. Harga yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari Rp 10 ribu- 100 ribuan, tergantung jenis tanamannya. Belakangan ini, kata wanita berusia 40 tahun ini tanaman yang paling banyak dicari adalah jenis kaktus.

Lening Hausi, Scopa Putih, Mami Laria, Mami Elegan, Lening kipas, Brain Kaktus, Opuntia dan Kaktus Oldman, jenis-jenis kaktus ini bisa engan mudahnya di dapatkan di Atikah Garden. Tak hanya kaktus, ada juga  tanaman hias jenis sukulen yang merupakan family kaktus.

“Biasanya orang yang punya online shop tanaman bahkan pesan di sini, lalu mereka jual kembali. Tidak hanya dari kota Yogyakarta, banyak juga dari luar kota,” kata Andini.

Ia sendiri mendapat pasokan bibit tanaman hias dari Malang dan Bandung. Tak hanya tanaman hias, di Atikah Garden juga menyediakan bibit pohon buah-buahan dan sayuran. Ada jeruk, mangga, dan beragam jenis buah lainya.

Nah, bagi Anda yang sangat hobi bercocok tanam dan bingung untuk membeli tanaman, PASTY bisa jadi solusi tepat. Anda akan dijamu dengan hijaunya tanaman yang menyejukkan, Anda pun bisa memilih sesuai kesukaan.

(dien)

Baca Juga