Nasional

Belanja Negara 2018 Capai Rp2,2 Triliun, Ini Permintaan Presiden Jokowi

POJOKJOGJA – Presiden RI Joko Widodo telah meyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2018 kepada seluruh menteri, pimpinan lembaga, juga kepala daerah.

Penyerahan yang berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor tersebut, Jokowi menyampaikan sejumlah permintaannya kepada para penerima DIPA.

“Kepada seluruh menteri, pimpinan lembaga maupun, kepala daerah kiranya bisa terus melakukan penyederhanaan dalam hal pelaksanaan APBN dan berorientasi kepada hasil,” ungkap Jokowi.

Ia menyebutkan, belanja negara pada 2018 mencapai Rp2.220,7 triliun. Angka tersebut merupakan yang sangat besar. Oleh sebab itu, ia meminta untuk dijaga bersama-sama.

“Dijaga baik dari sisi perencanaan, baik dari sisi penganggaran maupun nantinya di dalam implementasi pelaksanaannya,” ungkapnya dilansir dari laman resmi kemenkeu.go.id

Dalam kesempatan yang sama hadir pula Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ia menyatakan, Undang-Undang APBN tahun 2018 telah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada akhir 2017 dan telah digunakan sehingga siap dilaksanakan oleh pemerintah.

“APBN tahun 2018 bertema Pemantapan Pengelolaan Fiskal untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Berkeadilan,” jelasnya.

Dengan tema itu kata Sri Mulyani dinilai sesuai dan menunjang tema Rencana Kerja Pemerintah yaitu Memacu Investasi dan Infrastruktur untuk Pertumbuhan dan Pemerataan.

(dien)

Baca Juga