Nasional

Begini Sejarah 2 Oktober Ditetapkan Jadi Hari Batik Nasional

POJOKJOGJA – Peringatan Hari batik Nasional kini telah ditetapkan setiap 2 Oktober. Tidak sedikit orang yang turut memperingatinya, baik di dunia Maya maupun nyata.

Di berbagai jejaring sosial kiriman dengan hastag #haribatiknasional dibuat hampir ribuan orang. Mulai dari facebook, twitter, instagram, dan sejumlah media sosial lainnya.

Lalu, bagaimana 2 Oktober akhirnya ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak artikel berikut ini.

Hari Batik Nasional mulai ditetapkan pada 2 Oktober bersamaan saat ditetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi atau Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Penetapan itu diberikan oleh Badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) pada 2009 lalu.

Olehnya itu, sejak ditetapkan pada 2 Oktober, maka setiap tanggal itu akhirnya menjadi momen peringatan hari batik nasional untuk di Indonesia.

Penetapan Hari Batik Nasional itu juga dikuatkan dengan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009.

Batik Indonesia dinilai sudah menjadi bagian hidup orang Indonesia, dan menjadi bagian dari sejak kelahiran hingga akhir hayat orang Indonesia.

Batik hampir tak lepas dari kehidupan orang Indonesia. Mulai dari proses kelahiran, pernikahan, kehamilan hingga kematian, batik hadir dalam aktivitas keseharian orang Indonesia.

Atas itulah, kain batik akhirnya dinobatkan sebagai identitas budaya masyarakat Indonesia. Kehadirannya melalui warna dan desain simbolik menjadi pengungkap kreatifitas dan spiritualitas orang Indonesia.

Saat ini kain batik juga telah hadir dengan beragam model dan corak. Jika dulunya hanya identik dengan warna cokelat dan hitam, maka saat ini hadir dengan warna yang lebih beragam.

Di dunia fashion pun batik seringkali menjadi pilihan para desainer berkelas. Tak sedikit hasil desain baju batik yang mendunia. Hal itu semakin membuktikan bagaimana batik bisa semakin di kenal.

Cintailah budaya Indonesia dan Selamat Hari Batik Nasional.

(dien)