Teknologi

Apple Perkenalkan Empat Perangkat Barunya

POJOKJOGJA – Apple akhirnya meluncurkan empat peranti pintar terbarunya. Kabar tentang empat peranti pintar itu dianggap rumor belaka.

Kini perusahaan rintisan mendiang Steve Jobs itu akhirnya memperkenalkan keempat perangkat canggih terbarunya.

Perkenalan perangkat terbaru itu dilakukan pada Rabu, 13 September 2017 dinihari WIB atau sekitar Selasa, 12 September siang waktu Amerika Serikat. Keempat perangkat yang diluncurkan di antaranya Apple Watch Series 3, Apple TV 4K HDR, iPhone 8, dan iPhone X.

Apple Watch Series 3

Arloji pintar Apple Watch Series 3 merupakan perangkat yang diperkenalkan di sesi awal saat Apple mengumumkan. Dilengkapi teknologi seluler, sehingga pengguna dapat pergi ke mana saja hanya dengan Apple Watch, tanpa membawa iPhone miliknya.

Pengguna Apple Watch Series 3 juga bisa menerima panggilan telepon dengan nomor yang sama dengan iPhone. Perangkat ini juga dibekali dengan kemampuan anti air, bahkan dapat dipakai saat berenang, GPS, dan daya tahan baterai seharian atau selama 18 jam penggunaan LTE.

Apple Watch Series 3 hadir dengan watchOS 4, dengan tiga pilihan warna yaitu rose gold, silver dan space grey, serta edisi white dan grey ceramic watch.

Apple TV 4K HDR

Yang satu ini merupakan perangkat pintar terbaru hadir  milik Apple. Hadir dengan hardware baru yang mumpuni. Apple TV ini sudah mendukung teknologi 4K HDR.

Kehadiran High Dynamic Range (HDR) tentu akan membuat Apple TV mampu menampilkan gambar yang lebih tajam dan kaya warna.

Untuk mendukung kualitas gambar yang mumpuni itu, Apple TV generasi teranyar ini dibekali prosesor A10X. Selain itu, perangkat ini akan menjalankan tvOS terbaru.

iPhone 8

Hadir dengan dua varian, perangkat inilah yang paling ditunggu-tunggu. Kedua varian yang dikenalkan yaitu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Beda varian tentu memiliki perbedaa, yang paling mencolok yaitu terdapat pada layarnya. iPhone 8 menggunakan layar 4,7 inci, sedangkan iPhone 8 Plus seluas 5,5 inci. Keduanya dilengkapi fitur anti-air dan anti-debu, namun tidak dijelaskan sertifikasinya.

Duo iPhone 8 tetap mengikuti iPhone 7 dengan tidak menyertakan colokan audio standar 3,5 mm dan tombol Home tradisional. Salah satu yang ditingkatkan dari pendahulu mereka adalah tampilan baru dengan “True Tone” yang mudah beradaptasi dengan warna serta temperatur situasi sekitar.

Soal audio, stereo speaker iPhone 8 dan 8 Plus diklaim 25 persen lebih kencang dibandingkan iPhone 7 dan 7 Plus. Bass-nya pun disebut-sebut lebih dalam.

Urusan dapur pacu, prosesornya mengandalkan A11 Bionic berinti 6 dengan desain 64 bit. Empat intinya lebih cepat 75 persen dibandingkan A10, sementara dua inti lainnya lebih cepat 25 persen ketimbang A10.

Soal kameranya, jangan ditanya lagi. iPhone 8 masih betah dengan kamera single 12 megapiksel yang diklaim 83 persen lebih ringan dan efisien daya.

Untuk iPhone 8 Plus, memiliki kamera ganda seperti iPhone 7 Plus. Sensornya berkualitas 12 megapiksel untuk masing-masing kamera, dengan bukaan f/1.8 dan f/2.8. Sebagai peningkatan dari terdahulu, ada fitur “Portrait Lighting” yang memungkinkan pembidikan foto portrait lebih tajam layaknya kamera SLR berlensa premium.

iPhone X

Peramgkat terakhir yang tak kalah kerennya yaitu iPhone X. Seperti yang diprediksi sebelumnya, Apple memilih kode X di belakang ponsel spesialnya. Hal itu sebagai penanda bahwa ponsel pintar itu sudah berumur sepuluh tahun sejak kali pertama keluar pada 2007.

Tentu saja ini menjadi hal yang keren. Apple membaginya menjadi beberapa lima hal utama. Kelima halnitu di antaranya soal teknologi yang digunakan untuk layar, user interface, teknologi true depth camera yang di letakkan di depan, kamera utama yang ada di bagian belakang, dan animoji sebagai cara baru mengirim pesan dengan lebih menyenangkan.

(dien/jpg)

Baca Juga