Pojok Jogja

Apa Saja Tempat Wisata Baru di Yogyakarta Tahun 2018

POJOKJOGJA – Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini tengah mengembangkan sejumlah destinasi wisata baru. Hal itu dilakukan guna mendongkrak promosi pariwisata di Kota Gudeg ini.

Diharapkan dengan gencar melakukan promosi destinasi wisata baru itu akan mendongkrak kunjungan wisatawan yang datang ke Yogyakarta baik wisatwan nusantara maupun mancanegara di 2018.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejumlah destinasi baru itu tersebar di sejumlah daerah di DIY. Di mana hampir seluruhnya didominasi oleh wisata alam.

“Tahun ini kami akan fokus mengembangkan wisata alam seperti Taman Tebing Breksi di Sleman, Gunung Api Purba di Nglanggeran Gunung Kidul, Kali Biru di Kulon Progo,obyek wisata di perbukitanan bangunan, serta desa-desa wisata di DIY,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta, Senin, 19 Februari 2018.

Yogyakarta seolah tak pernah kehabisan lokasi untuk menjadi destinasi wisata baru. Hampir di setiap tahun kata Aris, lokasi-lokasi wisata baru bermunculan di Yogyakarta.

Hanya saja beberapa di antaranya tidak berlangsung lama atau musiman. Misalnya saja kebun bunga matahari di Bantul juga kebun bunga amarilis di Gunungkidul.

“Meski begitu, munculnya destinasi wisata naru itu diharapkan memberikan banyak pilihan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Yogyakarta,” jelas Aris.

Oleh karena itu, pihaknya juga gencar melakukan promosi pariwisata di berbagai kota, baik di salam negeri maupun di luar negeri.

Menurut Aris promosi pariwisata perlu untuk terus ditingkatkan, sebab hingga saat ini kebanyakan dari wisatawan yang datang ke Yogyakarta hanya berkunjung ke wisata yang sudah populer sejak dulu seprti Malioboro, Candi Prambanan, Museum Kraton Yogyakarta, Taman Pintar, dan beberapa lokasi lainnya.

(dien)

Baca Juga