Pojok Lesehan

Apa Saja Kuliner Tradisional Yogyakarta yang Paling Legendaris?

POJOKJOGJA – Yogyakarta memang terkenal dengan kekayaan kulinernya. Tak ada yang meragukan bahwa Yogyakarta adalah rumah untuk beragam kuliner khas dan tradisional.

Hal itulah yang juga menjadi salah satu daya tarik Yogyakarta. Lengkap sudah dengan didaulatnya Kota Istimewa ini sebagai kota wisata. Baik kuliner maupun wisata saling mendukung untuk memiliki daya tarik tersendiri.

Selain dikenal sebagai kota wisata, Yogyakarta juga dijuluki sebagai kota gudeg. Benar saja, di kota inilah segala jenis gudeg bisa ditemu, mulai gudeg basah hingga gudeg kering yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Tak hanya gudeg, Yogyakarta juga punya sejumlah kuliner tradisional yang dikenal legendaris dari waktu ke waktu dan zaman ke zaman. Apa saja sih kuliner itu? Berikut lima jenis kuliner tradisional Yogyakarta yang legendaris yang dirangkum jogja.pojoksatu.com

1. Gudeg

Sebelumnya sudah dijelaskan bukan, Yogyakarta mendapat julukan kota gudeg karena dari kota inilah Gudeg lahir. Sayur yang terbuat dari nagka muda ini banyak digemari wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Nangka mudah yang dimasak dengan santan ini butuh waktu berjam-jam untuk menghasilkan rasa nikmat dan gurih.

Jika Anda bertanya mengapa gudeg ini bisa sampai terlihat cokelat, jawabannya adalah karena sayuran ini dimasak dengan daun jati. Biasanya Gudeg disantap dengan kuah santan kental areh, nasi putih, ayam kampung, telur bebek atau ayam, tahu dan sambal goreng krecek.

Di Yogyakarta ada beberapa tempat yang terkenal dengan gudegnya yang nikmat, seperti Gudeg Yu Djum dan Gudeg Wijilian. Jika penasaran, semoatkan waktu Anda mampir sebentar ke tempat itu untuk mencicipi gurih dan nikmatnya Gudeg Yogyakarta.

2. Bakmi Jawa

Nah, kuliner yang satu ini sangat mudah ditemukan di Yogyakarta. Uniknya jenis kuliner yang satu ini baru ramai ditemukan saat sore dan menjelang malam. Namanya juga Bakmi, bahan utamanya tentu terbuat dari mie. Tapi bukan mie biasa lo.

Bakmi Jawa diolah dengan bumbu khas Jawa, jadi jangan heran jika rasanya berbeda dengan olahan mie pada umumnya. Di Yogyakarta ada satu tempat yang cukup terkenal dan legendaris. Yaitu Bakmi Kadin yang didirikan oleh Mbah Hj Karto sejak 1947. Penasaran? Silakan berkunjung ke Jalan Bintaran Kulon Senopati, Kota Yogyakarta.

3. Brongkos

Mungkin masih ada yang bingung apa sih Brongkos itu? Namanya memang terdengar tidak umum. Tapi jangan salah, kuliner ini juga termasuk kuliner tradisional yang legendaris di Yogyakarta. Brongkos merupakan kuliner jenis sayuran yang diracik dari berbagai bahan.

Wah, apa saja ya bahan yang digunakan untuk membuat Brongkos ini? Nah, jadi Brongkos ini adalah sayuran yang terbuat dari kacang tolo, kliwak, dan melinjo. Soal rasa, jangan khawatir dijamin ketagihan. Brongkos juga bisa ditemukan di warung-warung makan di Yogyakarta. Tidak sulit kok menemukannya.

4. Bakpia Pathuk

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu kuliner yang sudah menjadi oleh-oleh khas Yogyakarta ini. Keberadaan si imut manis ini memiliki sejarah panjang di Yogyakarta. Di mana sebenarnya jenis kue yang satu ini berasal dari negeri China.

Nama asli dari Bakpia Pathuk sendiri adalah “tou luk oia” yang berarti kue pia kacang hijau. Di Indonesia, Bakpia pertama kali di produksi sekitar tahun 1948 di kawasan kampung Pathuk Yogyakarta. Jadi jangan heran kenapa kue ini kini dikenal dengan nama Bakpia Pathuk.

5. Kopi Joss dan angkirngan

Nah, kuliner yang satu ini pasti sangat populer di kalangan mahasiswa atau pelajar di Yogyakarta. Apalagi Kopi Joss di Angkirngan Lik Man. Tempat yang satu ini dikenal legendaris, sebab pedagangnya merupakan generasi awal pedagang angkirngan di Yogyakarta, di mana umumnya berasal dari Klaten.

Lik Man yang bernama asli Siswo Raharjo adalah putera dari Mbah Pairo pedagang angkringan pertama di Yogyakarta yang mulai berjualan sejak 1950-an. Dulunya warung berkonsep angkringan ini dikenal dengan “ting ting hik” diwariskan pada Lik Man pada 1965. Sejak saat itu menjamurlah angkirngan-angkringan lain di Yogyakarta.

Kopi Joss sendiri merupakan salah satu menu minuman yang disajikan di Angkringan Lik Man. Minuman ini juga terkenal unik karena cara penyajiannya. Kopi Joss adalah kopi hitam yang diseduh dengan arang panas. Hm.. Bagaimana unik bukan? Selamat mencoba…

(dien)

Baca Juga