Pojok Jogja

Akhir Pekan Ini, Yuk Nonton Karnaval Wayang di Tugu Yogyakarta

POJOKJOGJA – Jika tak ada agenda berakhir pekan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memberi pengingat di kalender Anda. Sabtu, 7 Oktober 2017 akan digelar karnaval wayang di Tugu Yogyakarta.

Acara bertajuk Wayang Jogja Night Carnival 2017 ini merupakan puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-261 Kota Yogyakarta.

Kepala Seksi Pengembangan Objek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Winursito mengatakan, acara ini masih seperti yang digelar tahun sebelumnya.

“Ini sudah merupakan event tahunan dengan mengangkat kekuatan budaya Yogyakarta sebagai sajian utama,” kata Winursito, Kamis, 5 Oktober 2017.

Ia menjelaskan event juga menjadi salah satu upaya untuk menarik minat wisatawan yang dikemas dalam sebuah event.

Selain itu Wayang Jogja Night Carnival juga diharap bisa memperkuat citra Yogyakarta menjadi salah destinasi wisata populer di Indonesia.

“Tidak jauh berbeda dengan perayaan tahun sebelumnya. Peserta karnaval masih dari 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta,” ungkap Winursito.

Ia menyebutkan, ada sekitar 1.200 orang yang akan menjadi peserta pawai dengan menampilkan pertunjukkan kreasi sesuai tema yang telah dipilih.

Di mana masing-masing kecamatan mendapat tokoh pewayangan berbeda-beda, mulai dari kostum, properti pertunjukkan, hingga atraksi seni yang disesuaikan dengan tokoh wayang yang ditunjuk.

“Pebedaan lain dengan perhelatan tahun lalu yaitu tokoh wayang yang diangkat. Tahun ini tokoh-tokoh yang diangkat antara lain, Nakula Sadewa, Karno, Drupadi, Puntadewa, Kumbokarno, hingga petruk,” jelasnya.

Winursito menambahkan, pertunjukkan tidak hanya diisi dari masyarakat 14 kecamatan, tetapi juga ada pawai kendaraan hias.

“Pawainya nanti dengan Ganesha dan Dewi Wilatama, ada juga pertunjukkan musik, hingga video mapping,” tambahnya.

Bagi Anda yang berminat untuk menyaksikan Wayang Jogja Night Carnival ini, acara akan dimulai pukul 18.00 WIB dengan Tugu Pal Putih Yogyakarta. Jangan sampai ketinggalan.

(dien)

Baca Juga