Pojok Jogja

51.000 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul Saat Libur Lebaran Idul Adha

POJOKJOGJA, Gunungkidul – Selama libur Idul Adha 2017 akhir pekan lalu, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Gunungkidul melonjak drastis.

Tercatat ada 51.500 orang yang datang ke Gunungkidul selama libur lebaran yang bertepatan dengan waktu akhir pekan.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono, Senin, 4 September 2017.

“Hingga Minggu kemarin laporan kami wisatawan mencapai 51.500 orang dengan jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 415.432.300,” katanya.

Secara total di 2017 ini, sudah ada 2,4 juta wisatawan yang mengunjungi kabupaten tersebut hingga awal September.

Ia menyebut, memang tak ada target untuk kunjungan wisatawan selama libur Idul Adha. Hary menambahkan, sekitar 80 persen wisatawan yang datang berkunjung ke wisata pantai.

“Selain itu mereka juga mengunjungi Goa Pindul dan Air Terjun Sri Getuk,” tambahnya.

Hary menyatakan, jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul jauh lebih banyak dibanding kabupaten lainnya di DI Yogyakarta.

Hal itu, menurut Hary karena mayoritas wisatawan yang datang dihitung langsung oleh pemerintah setempat melalui retribusi.

Untuk kunjungan wisata non retribusi kata dia, sekitar 30 sampai 40 persen dari jumlah wisatawan yang didata.

“Gunungkidul menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Terbukti, sampai saat ini sudah ada 2,4 juta wisatawan sejak awal 2017 dengan PAD lebih dari Rp20 miliar,” papaar Hary.

Menurut Hary Guningkidul memang kaya dengan destinasi wisata yang memuaskan. Ia pin menyarankan wisatawan untuk menjelajahi Gunungkidul di sisi Utara.

“Di sisi utara Gedangsari terus kita kembangkan. Apalagi ada flying fox terpanjang di Asia Tenggara,” kata Hary.

Ia mengaku optimistis adanya bandara baru di Kulonprogo dan dibukanya Jalur jalan lintas Selatan (JJLS) akan memperbanyak kunjungan wisatawan.

(dien)

Baca Juga