Pojok Jogja

5 Wisata Hutan di Jogja yang Paling Direkomendasikan

POJOKJOGJA – Kota Jogja dikenal sebagai salah satu kota dengan keindahan alam serta keunikan budayanya. Tak heran jika kota yang juga disebut sebagai kota pelajar ini mampu menarik simpati wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung. Bukan hanya wisata sejarah, kamu yang menyukai wisata hutan juga ada di Yogyakarta. Berikut lima wisata hutan di Jogja.

5 Wisata Hutan di Jogja yang Paling Direkomendasikan

1. Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit

Salah satu wisata alam yang terkenal di Jogja ialah wisata alam Seribu Batu Songgo Langit. Berlokasi di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Wisata ini dikenal karena memiliki banyak spor foto yang instagramable. Salah satu spot favoritnya ialah rumah Hobbit. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati flying fox dengan harga yang terbilang murah. Cukup menyediakan Rp 15 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati fasilitas ini.

2. Hutan Pinus Pengger

Hutan pinus yang satu ini menarik karena memiliki hamparan pinus yang tinggi. Hal menarik lainnya adalah adanya banyak spot foto yang menarik.

Ada spot foto tangan raksasa, sarang burung, lengkap dengan rumah pohonnya. Lokasi Hutan Pinus Pengger di Jalan Dlingo-Patk, Sendangsari, Desa Terong, Bantul.

Menariknya, wisata ini bisa dikunjungi di malam hari. Alasannya, di malam hari kamu bisa melihat pemandangan citylight dari ketinggian.

3. Hutan Pinus Nglinggo

Wisata hutan selanjutnya yang akan dibahas ialah Hutan Pinus Nglinggo. Berada di Desa Wisata Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh.

Wisata ini dikenal dengan keindahan hamparan pepohonan pinus yang khas, hutan pinus yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri, yaitu dari aktivitas wisatanya yang menarik. Kamu bisa menjelajah kebun teh, kamu juga bisa latihan tari tradisional di desa wisatanya.

Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, bisa menyewa jeep seharga Rp 600.000 per 3 orang untuk menikmati sensasi offroad di sekitar hutan.

4. Hutan Pinus Asri

Di Jogja sudah ada beberapa wisata hutan yang populer, salah satunya Hutan Pinus Asri. Hutan Pinus Asri termasuk wisata baru. Kendati demikian keindahan alamnya tak kalah menariknya. Juga tersedia spot foto yang unik. Di antaranya, patung elang, taman bunga, rumah pohon, rumah spongebob, bintang, dan beberapa lainnya.

Tak ada tiket masuk. Kamu bisa menikmati alam sekitar dengan percuma. Kamu cukup membayar biaya parkir.

5. Hutan Pinus Mangunan

Berlokasi dekat dengan Hutan Pinus Asri, wisata ini berada di Kecamatan Dlingo, Bantul. Hutan ini lebih dikenal sebagai Hutan Pinus Imogiri.

Selain pohon pinus yang rindang, hutan pinus ini memiliki area amfiteater sederhana yang dibuat dari kayu. Bangku-bangku kayu tersebut membentuk setengah lingkaran dan bagian tengahnya bisa dimanfaatkan untuk panggung yang sederhana.

(rin)

 

Baca Juga