Pojok Lesehan

10 Kuliner Khas Jogja yang Harus Kamu Coba

POJOKJOGJA – Kota yang identik dengan nama kota pelajar, Yogyakarta juga kaya akan kuliner khasnya. Bukan hanya gudeg, kota istimewa ini punya banyak kuliner khas Jogja yang harus kamu coba.

Apa saja? Berikut Pojok Jogja merangkum 10 kuliner khas Jogja yang harus kamu cicipi.

Oseng Mercon Bu Narti

Dinamakan oseng mercon karena pedasnya mampu ‘meledakkan’ lidah kamu. Rasa pedasnya akan membuat kamu berkeringat. Isi dari oseng mercon Bu Narti ialah kulit, lemak, tulang muda dan kikil.

Geblek

Geblek merupakan makanan ringan dari Kabupaten Kulonprogo. Geblek terbuat dari tepung tapioka yang dibumbui bawang putih. Teksturnya seperti cireng. Bagian luarnya renyah tapi dalamnya tetap empuk. Geblek ini disajikan dengan siraman saus kacang.

Jadah Tempe

Merupakan makanan khas Kabupaten Sleman. Terbuat dari ketan dan kelapa. Rasanya gurih. Kamu bisa menyantapnya dengan memakan jadah dengan tempe bacem yang rasanya manis dalam sekali gigitan. Paduan rasanya sangatlah nikmat.

Brongkos Jogja

Masakan khas Jawa yang mirip dengan rawon. Hal yang membedakan brongkos dengan rawon ialah penggunaan santan pada brongkos. Keduanya sama-sama memiliki kuah coklat pekat cenderung hitam karena memakai kluwak dalam proses memasaknya, namun kuah brongkos lebih kental dan gurih karena santan. Adapun isi dari brongkos di antaranya kulit melinjo, kacang tolo, daging atau telur.

Tengkleng Gajah Jogja

Bukan berbahan daging gajah ya. Tengkleng ini berbahan daging kambing. Hanya saja porsinya yang besar, sehingga dinamai tengkleng gajah. Ada dua jenis tengkleng, yaitu tengkleng goreng dan tengkleng tongseng. Jika kamu mau menikmati tengkleng dengan kuah, kamu bisa memilih tengkleng tongseng sedangkan tengkleng goreng, kering.

Mangut Lele Mbah Marto

Rumah makan mangut lele Mbah Marto terletak di jalan Parangtritis KM 6,5 pas di belakang kampus Institut Seni Indonesia (ISI). Di sini lele dimasaka dengan cara diasap menggunakan kayu bakar, lalu dicampur dengan santan dan cabai. Ada pula taburan irisan petai untuk menambah nikmatnya mangut lele.

Sego Abang Lombok Ijo Jogja

sego abang (nasi merah) lombok ijo ini merupakan makanan khas Gunungkidul. Lucunya, warung Sego Abang Lombok Ijo Jogja yang terkenal letaknya di Jalan Raya Turi Km. 1 atau di daerah utara Jogja.

Warung makan ini menyajikan menunya dalam satu paket lengkap berisi nasi merah, sayur lodeh lombok ijo, gudeg daun pepaya, dan lauk-pauk seperti empal goreng, botok, pepes, ayam kampung goreng, tahu, dan tempe.

Bakmi Jogja

Ciri khas bakmi jawa adalah setiap porsinya dimasak satu per satu menggunakan anglo atau tungku tanah liat. Jadi, kalau kamu memesan dua porsi, kedua porsi tersebut akan dimasak secara terpisah, tidak bersamaan.

Mie Ayam Tumini

Istimewanya dari mie ayam ini ialah mie ayam yang disajikan dengan kuah yang kental dan pekat. Rasa kuahnya perpaduan rasa gurih dan manis yang pas. Lokasi warung mie Ayam Tumini terletak di Jalan Imogiri Timur No. 87.

Sop Ayam Pak Min

Sop ayam ini sebenarnya berasal dari Klaten, Jawa Tengah, namun di Jogja sudah banyak dibuka cabangnya dan menjadi salah satu makanan yang banyak dicari orang yang berkunjung ke Jogja.

(ika)

Baca Juga