Traveling

10 Destinasi Wisata di Sekitar Malioboro yang Mudah Dijangkau

POJOKJOGJA – Menjadi salah satu wajah Jogjakarta, begitulah Malioboro. Bagi kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Jogja, tak afdol rasanya jika tak menginjakkan kaki di tempat ini.

Ada pepatah yang mengatakan, satubkali berlayar dua tiga pulau terlampaui. Malioboro bisa membawa pada sejumlah destinasi wisata yang ada ada di sekitarnya dan mudah dijangkau.

Berikut 10 destinasi wisata yang ada di sekitar Malioboro yang sudah dirangkul jogja.pjoksatu.id

1. Tugu Jogjakarta

Dalam sejarahnya, Tugu Jogjakarta mempunyai nama lain Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih. Tugu ini bukanlah tugu biasa, ada mitos dan makna dengan sejarah panjang yang menyertainya. Itulah kenapa tugu ini kemudian menjadi ikon istimewa yang dimiliki oleh Kota Jogjakarta.

Tugu Jogja dibangun pada tahun 1755 oleh pangeran Raden Mas Sujana atau Sri Sultan Hamengkubuwono pertama sebagai peringatan persatuan raja dan rakyat dalam melawan Belanda pada saat itu.

2. Titik Nol KM Jogjakarta

Titik Nol KM adalah salah satu istilah untuk menyebut sebuah kawasan perempatan yang berada di Kantor Pos Besar Jogjakarta. Di kawasan ini terdapat sejumlah gedung penting seperti Gedung Agung, Benteng Vredeburg, Gedung BNI, dan juga terdapat Monumen Batik serta Monumen Serangan Oemoem 1 Maret serta.

Sebagai salah satu ruang publik, kawasan ini selalu dipadati masyarakat baik untuk tempat nongkrong, kumpul bareng komunitas, ataupun mengadakan pertunjukan seni untuk memperlihatkan aksi kebolehan masing-masing.

3. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah salah satu bangunan peninggalan kolonial Belanda di Jogjakarta, benteng ini sangat terkenal di Jogja karena memiliki nilai histori yang cukup panjang dan masih bertahan hingga saat ini.

Benteng Vredeburg kini menjadi museum yang di dalamnya terdapat beberapa karya seni, patung, bangunan dan berbagai macam senjata peninggalan jaman Belanda.

4. Pasar Beringharjo

Nah, siapa yang tidak kenal dengan Pasar Beringharjo. Yang hobi belanja pasti tahu kan. Pasar ini merupakan bagian dari Malioboro yang jika kamu kunjungi sangat sayang sekali jika melewatkan pasar Beringharjo. Bagaimana tidak, pasar yang telah menjadi pusat kegiatan perekonomian selama ratusan tahun ini menyediakan beragam oleh-oleh khas yang bisa kamu bawa pulang.

Keberadaan pasar ini juga mempunyai mempunyai makna filosofi tersendiri. Di mana pasar yang telah berkali-kali dipugar ini dapat melambangkan satu tahapan kehidupan manusia yang masih berkutat dengan pemenuhan kebutuhan ekonominya.

5. Keraton Yogyakarta

Samapi hari ini tahta pemerintahan Keraton Jogjakarat masih berjalan dengan baik, dan semunya itu sudah ditujukan untuk selalu menjaga budaya yang ada di dalam Keraton.

Yogyakarta memang istimewa, keberadaannya yang mampu bertahan melawan jaman yang membuat orang-orang berdecak kagum. Kota kaya seni budaya dengan kejayaan masalalunya ini seakan menjadi magnet yang menarik bagi wisatawan untuk datang dan datang lagi.

6. Taman Sari Jogjakarta

Taman Sari merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata bersejarah yang ada di Jogjakarta, tempat ini berlokasi tepat di Jalan Taman, Yogyakarta.Sangat dekat dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kamu hanya memerlukan waktu tempuh hanya sekitar 15 menit dari alun-alun utara keraton. Taman Sari ini merupakan bekas taman Keraton Yogyakarta yang dibangun pada masa kerajaan Sri Sultan Hamengku Buwono I (1758-1765).

7. Wisata Malam Alun-alun Selatan

Alun-alun Selatan maenjadi primadona wisata malam bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Jogjakarta. Bagi kamu yang berlibur ke Kota Gudeg, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Selain bisa berwisata dengan menikmati sensasi sepeda gembira, kamunjuga akan dimanjakan dengan beragam sajian kuliner khas di Alun-alun Selatan.

8. Taman Pintar Yogyakarta

Wisata pendidikan Taman Pintar Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata edukasi yang paling sering dikunjungi di Yogyakarta. Jika belum mengunjungi tempat wisata yang satu ini rasanya kamu belum mengunjungi Kota Yogyakarta

Taman Pintar juga tak kalah populernya sebagai taman wisata edukasi Yogyakarta. Taman pintar ini sangat cocok sekali bagi Anda yang ingin mengajak keluarganya berlibur kesini, karena tempatnya sangat edukasi untuk memberikan pendidikan sambil bermain bersama keluarga dan anak-anak.

9. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark di buka pertama kali dan diresmikan tanggal 20 Desember 2014, untuk soal usia tempat wisata ini memang belum terlalu lama atau masih baru, namun saat soft opening atau pembukaan awal, taman wisata ini pengunjungnya membludak hingga mencapai angka 1700 orang/hari.

10. Kebun Binatang Gembira Loka Jogjakarta

Kebun Binatang Gembira loka ini terletak diatas tanah seluas 20 hektar ini memiliki lebih dari 100 spesies satwa diantaranya terdapat 61 spesies flora. Wisata kebun binatang ini tidak hanya untuk koleksi satwa, akan tetapi terdapat juga wahana permainan dan juga taman untuk bersantai. Awalnya kebun binatang ini berfungsi sebagai tempat pememeliharaan satwa dari kerajaan keraton Yogyakarta.

(dien)

Baca Juga